Silpa Daerah Masuk SBI & SUN Capai Rp 51 T

VIVAnews - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kembali mengungkit ketidakdisiplinan pemerintah daerah dalam menggunakan dana anggaran.

Menurutnya, Departemen Keuangan masih menemukan adanya Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) 2008 yang ditanamkan dalam bentuk SBI dan SUN.

"Sampai hari ini laporan yang saya terima masih ada Rp 51 triliun," ujar Menkeu Sri Mulyani dalam pembukaan Munas III Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu 29 April 2009. Padahal seharusnya  dana lebih ini  dipakai untuk memperbaiki ekonomi daerah.

Bagaimana caranya, kata dia, bisa dipikirkan bersama. Namun satu hal yang harus diperhatikan adalah setiap penggunaan dana ini harus diatur dengan baik dan melalui persetujuan DPRD. "Dana Silpa ini lebih baik jika dioptimalkan untuk membuat ekonomi lebih bagus," katanya.

Sementara itu Dirjen Perimbangan Keuangan Mardiasmo mengatakan, jumlah Silpa yang ditanamkan dalam SBI dan SUN kali ini tercatat lebih tinggi dibanding tahun 2008.

Silpa 2008 yang tercatat mencapai Rp 51 triliun berasal dari 502 daerah, sedang Silpa 2007 yang tercatat hanya Rp 45 triliun berasal dari 484 daerah. Penambahan atau pengembangan daerah dimungkinkan menyumbang jumlah peningkatan Silpa ini, sehingga penyerapan tidak optimal.

Remaja yang Tewas di Hotel Jaksel Ternyata Sempat Kejang usai Dicekoki Narkoba
Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Indonesia

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Momen Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) menghampiri, menyalami dan memeluk satu persatu pemain Korea Selatan (Korsel) viral di media sosial Jumat, 26 April 24

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024