Manchester United Redam The Gunners

VIVAnews - Manchester United melewati leg I babak semifinal Liga Champions dengan hasil positif. Bertanding di Old Trafford, Kamis, 30 April 2009, Setan Merah berhasil mengalahkan Arsenal 1-0. 

Pada pertandingan yang digelar di Stadion Old Trafford itu, tuan rumah Setan Merah mendominasi pertandingan sejak babak pertama. Sayang, dari sederet peluang yang tercipta, MU hanya mampu mencetak satu gol lewat kaki John O'Shea di menit ke-17.

Dengan hasil ini, peluang MU menuju final Liga Champions musim ini terbuka lebar. Di leg kedua yang akan digelar di kandang Arsenal, Stadion Emirates, 5 Mei 2009, pasukan Alex Ferguson hanya butuh hasil imbang untuk tampil di babak utama.

Tampil di hadapan publiknya, Manchester United langsung menekan sejak pluit babak pertama dibunyikan. Bahkan, saat pertandingan baru berjalan satu menit, Wayne Rooney sudah berhasil mengancam gawang Arsenal yang dijaga oleh Manuel Almunia.

Berawal dari umpan silang Fletcher dari sisi kiri pertahanan Arsenal, Rooney berhasil meneruskannya lewat tandukan ke sudut kiri gawang. Beruntung, Almunia masih sempat menepisnya dan hanya menghasilkan tendangan pojok.

MU terus menekan. Namun rapinya pertahanan The Gunners membuat serangan pasukan Alex Ferguson selalu kandas. Peluang emas baru didapat pada menit ke-16 lewat kaki Carlos Teves.

Memanfaatkan umpan John O'Shea dari sisi kiri gawang Arsenal, Tevez yang lolos dari penjagaan berhasil menyambutnya dengan tendangan keras ke arah gawang. Sayang aksi ini masih mampu digagalkan oleh Almunia yang dengan sigap menepis tendangan Tevez.

Namun aksi penyelamatan Aluminia ternyata menjadi awal malapetaka bagi Arsenal. Hadiah sepak pojok yang diberikan wasit kepada MU mampu dimanfaatkan oleh John O' Shea untuk mencetak gol pertama bagi timnya.

Memanfaatkan kemelut di depan gawang Arsenal, O'Shea berhasil melancarkan tendangan yang gagal dihentikan oleh Almunia. Meski sempat ditepis, tendangan keras O'Shea berhasil merobek jala The Gunners.

Ketinggalan 0-1 membuat Arsenal berusaha untuk bangkit. Namun Emanuel Adebayor cs kesulitan menembus barisan pertahanan MU yang cukup rapi.

Tak ingin kehilangan akal, pasukan Arsene Wenger mencoba melakukan eksekusi dari luar kotak penalti. Strategi ini berbuah peluang emas.

Cesc Fabregas yang mendapat ruang tembak di menit ke-26 berhasil melancarkan tendangan keras dari luar kotak penalti. Sayang, arah bola masih terbaca oleh kiper MU, Edwin Van Der Sar.  

MU kembali mengambil alih serangan. Sederet peluang kembali diciptakan oleh Cristiano Ronaldo cs di sisa pertandangan babak pertama. Sayang, hingga pluit jeda pertandingan ditiup, MU gagal menggandakan keunggulannya.

Babak Kedua
Memasuki babak kedua, irama permainan tidak banyak berubah. MU masih tetap mendominasi serangan. Sebaliknya, Arsenal masih belum berkembang dan tetap memilih untuk mengandalkan serangan balik.

Tak mampu mencetak tambahan gol hingga menit ke-67, pelatih MU, Alex Ferguson mengganti dua pemainnya sekaligus. Anderson keluar dan digantikan Ryan Giggs sedangkan Tevz digantikan oleh Dimitar Berbatov.

Keputusan ini memberikan angin segar bagi barisan penyerang Setan Merah. Hanya semenit setelah pergantian, Ryan Giggs berhasil memberikan umpan matang kepada Ronaldo yang diteruskan dengan tendangan keras ke arah gawang Arsenal.

Sayang, Dewi Fortuna masih memihak The Gunners. Bola yang sudah lolos dari jangkauan Almunia masih membentur mistar gawang. 

MU terus membombardir pertahanan Arsenal. Hasilnya, pada menit ke-78, Giggs berhasil merobek jala Arsenal untuk kedua kalinya. Berawal dari umpan terobosan Rooney, Giggs berhasil mengecoh Almunia.

Sayang publik Setan Merah harus menahan teriakannya. Pasalnya, hakim garis telah lebih dulu mengangkat bendera tanda off side.

Arsenal mencoba meningkatkan serangannya beberapa menit sebelum babak kedua berakhir. Sayang, hingga pertandingan usai tim asal London Utara itu gagal mengejar ketertinggalannya. Skor pun berakir 1-0 untuk kemenangan MU. 


Susunan Pemain
Manchester United (4-3-2-1): Edwin van der Sar; John O'Shea, Nemanja Vidic, Rio Ferdinand/Evans (85'), Patrice Evra; Cristiano Ronaldo, Michael Carrick, Anderson/Ryan Giggs (67;), Fletcher, Carlos Tevez-kk/Dimitar Berbatov (67''); Wayne Rooney

Arsenal (4-4-2): Manuel Almunia; Sagna, Mikael Silvestre, Kolo Toure, Kieran Gibbs; Theo Walcott/Nicklas Bendtner (70'), Cesc Fabregas, Aboy Diaby, Samir Nasri; Alexandre Song, Emmanuel Adebayor/Eduardo (82')

Sisterhood Modest Bazaar, Berburu Baju Lebaran Hingga Menu Berbuka
Kepala BNPT Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel

Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme

Guru Besar Fakultas Psikologi UI Prof. Dr. Mirra Noor Milla, sepakat bahwa perempuan, anak-anak, dan remaja rentan terpapar radikalisme, seperti paparan BNPT

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024