Flu Babi di AS Mulai Makan Korban

VIVAnews - Flu babi kini menyebar di sebelas negara bagian di Amerika Serikat (AS), Rabu 29 April 2009. Bahkan seorang anak meninggal di AS, dan dikonfirmasi menjadi penderita flu babi pertama yang meninggal di AS sekaligus korban tewas pertama di luar Meksiko.

Petugas kesehatan di negara bagian Texas mengatakan, korban bersama keluarganya datang dari Meksiko ke kota Brownsville pada 4 April, lalu sakit selama lima hari sebelum dirawat di rumah sakit setempat. Anak berusia 23 bulan itu lalu dibawa ke Houston di mana di meninggal pada Senin malam.

Satu kasus kematian lagi di Los Angeles sedang diselidiki penyebabnya. Sekitar seratus sekolah di AS ditutup, dan banyak sekolah lagi juga akan ditutup sementara. Presiden Barack Obama mengatakan, "Jelas bahwa ini adalah situasi yang serius," kata Obama.

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Barus Kasus Korupsi Timah

Total kasus pasien pengidap flu babi di AS kini meningkat mendekati seratus kasus, dan banyak kasus lain yang masih berupa dugaan. Obama menyampaikan doa dan bela sungkawa kepada keluarga anak berusia 23 bulan yang meninggal di Houston tersebut.

Pemerintah negara bagian Texas menunda kompetisi akademik dan atletik setidaknya hingga 11 Mei karena penyebaran flu babi ini. Para pejabat pemeritahan AS meminta agar kontrol di perbatasan Meksiko-AS diperketat, tetapi opsi tersebut ditolak.

"Menutup perbatasan negara kita tidak berguna," kata menteri keamanan dalam negeri Janet Napolitano, kemarin sore. "Virus itu sudah sampai di AS," lanjutnya.
Di Meksiko, episentrum penyebaran, hingga kemarin sebanyak 159 kasus kematian diduga akibat flu babi.

Selain itu, hampir 2.500 orang sakit akibat flu mematikan ini. Karena virus ini cepat menular antar manusia, pemerintah kota Mexico City menutup bar, kafe, tempat olahraga, bioskop, dan tempat wisata, termasuk piramida terkenal Aztec dan Maya. (AP)

VIVA Otomotif: Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Berita yang membahas mengenai adu laris Fortuner vs Pajero Sport dan Shin Tae-yong mudah beli Palisade, banyak sekali dibaca hingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024