Survei Nielsen

PKS: Yang Dilaporkan ke KPU Hanya Dana DPP

VIVAnews - Survei iklan yang dilakukan Nielsen Company menemukan biaya iklan enam partai jauh di atas laporan resmi ke Komisi Pemilihan Umun pada 24 April 2009 lalu, salah satunya adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Menurut Nielsen, PKS mengeluarkan dana sebesar Rp 74,647 miliar untuk iklan, sementara jumlah dana kampanye yang dilaporkan ke KPU hanya sebesar Rp 36,5 miliar.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Juru Bicara PKS, Mabruri mengatakan dana yang dilaporkan ke KPU adalah dana yang hanya dikeluarkan dewan pimpinan pusat (DPP). Sedangkan dana kampanye yang dikeluarkan DPW dilaporkan ke KPUD. "Sehingga hasilnya tidak matching," kata Mabruri kepada VIVAnews, Kamis 30 April 2009.

Selisih dana yang besar, kata dia, karena dana-dana keseluruhan yang digunakan PKS tak digabung. "Ada kemungkinan data [pembanding] Nielsen adalah dana yang dikeluarkan DPP, bukan gabungan dengan seluruh dewan pimpinan wilayah (DPW)," tambah dia.

Dikatakan Mabruri, tak hanya DPP, sejumlah DPW PKS aktif beriklan. "Misalnya PKS Jawa Barat. PKS DKI juga sering beriklan di media massa. Mestinya memang demikian," ujar dia.

Mabruri mengatakan dia akan melakukan pengecekan ke bendahara PKS untuk mengetahui pasti berapa dana kampanye yang dikeluarkan. "Kita akan cocokan," tambah dia.

Survei Nielsen dilakukan berdasarkan pengamatan iklan di puluhan surat kabar di Indonesia dan tayangan iklan di 16 stasiun televisi Indonesia. Nielsen menghitung biaya berdasarkan published rate-card.

Hanya ada dua partai yang dana kampanye riilnya sesuai laporan ke KPU yakni Partai Demokrat dan Partai Gerakan Indonesia Raya. Nielsen menemukan, sepanjang Juli 2008-April 2009, Demokrat membelanjakan total Rp 214,439 miliar dan Gerindra Rp 151,211 miliar. Pada KPU, Demokrat melaporkan dana kampanyenya Rp 243,8 miliar dan Gerindra lebih tinggi lagi Rp 308 miliar.

Kekurangan paling mencolok adalah pada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Dalam laporan ke KPU, PDIP hanya menyebut dana kampanye Rp 10,6 miliar. Sementara Nielsen menemukan, PDIP setidaknya menghabiskan Rp 102,891 miliar.

Ilustrasi membersihkan wajah.

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Munculnya jerawat bisa karena bermacam-macam alasan, namun yang paling sering dibicarakan adalah jerawat purging dan breakout yang terjadi karena reaksi kulit terhadap sk

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024