Jusman Resmikan 7 Sarana SDM Perhubungan

VIVAnews - Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal meresmikan tujuh sarana pembinaan sikap dan mental bagi sumber daya manusia Departemen Perhubungan. Secara simbolis peresmian tujuh sarana pembinaan dilaksanakan di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI), Curug, Tangerang, Kamis 30 April 2009.

Selain sarana pembentukan sikap dan mental di STPI Curug Tangerang, sarana pembentukan sikap mental terdapat di Sekolah Tinggi Pendidikan Darat Cibitung, Balai Pendidikan dan Transportasi Darat Tegal, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Marunda, Balai Diklat Ilmu Pelayaran Tangerang, Balai Diklat Ilmu Pelayaran Barombong Makassar, dan Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Surabaya.

Menteri Perhubungan setelah meresmikan tujuh sarana pembinaan mengatakan, modernisasi sarana dan prasana transportasi terus berkembang sesuai perkembangan pengetahuan dan teknologi. "Perlu meningkatkan kemampuan badan pendidikan dan pelatihan, menciptakan sumber daya semakin handal demi keamanan kenyamanan sarana transportasi," kata Jusman.

Badan Pendidikan dan Latihan di seluruh lembaga pendidikan darat laut dan udara yang diperbaiki antara lain, mengimplementasi perbaikan kurikulum, peralatan, pelatih, guru dan dosen agar dapat melahirkan sumber daya manusia. "Sarana pendidikan melatih daya sasmita atau ketrampilan dibarengi sikap yang baik," tutur Jusman.

Jusman berharap, sarana pembentukan sikap dan mental akan menyiapkan diri taruna saat menghadapi kondisi yang memerlukan kepemimpinan, keterampilan, dan sikap mental.

Lokasi sarana pembinaan sikap dan mental merupakan tempat menempa motorik dan mental tahap awal bagi taruna yang mengikuti pendidikan di STPI, Curug, Tangerang. Untuk mendukung sistem pembinaan, tenaga pengajar terdiri dari psikolog dan instruktur olahraga.

"Tujuannya agar para taruna memiliki karakter yang lebih tangguh, tidak mudah gugup, terampil, fisik prima, menjaga keselamatan," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Departemen Perhubungan Bambang S Ervan.

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) memiliki tiga bagian pendidikan yaitu jurusan mesin, penerbang dan lalu lintas udara yang nantinya akan menjadi tenaga pengatur lalu lintas udara (Air Traffic Controller).

Bambang mengatakan, STPI Curug diresmikan pengoperasiannya oleh Ir H Djuanda saat menjabat sebagai Perdana Menteri RI di era Orde Lama. STPI hingga kini menghasilkan banyak sumber daya penerbangan di berbagai negara Asia.

Banyak direksi perusahaan penerbangan di Asia merupakan lulusan STPI Curug. Sebut saja Malaysia Air Service, Singapura Airline, dan tentu saja Maskapai Garuda Indonesia seperti Capt Ari Sapari yang saat ini menjabat direktur operasi Garuda Indonesia. ''Tak berlebihan jika kita ingin menjadikan STPI Curug sebagai yang terbaik di Asia,'' kata Bambang. Nilai investasi untuk tujuh sarana ini sebesar Rp 14 miliar.

Banyak yang Mudik H-4, Menhub Minta Maskapai Berikan Promo di H-10
[dok. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub]

Awas Kehabisan! Pendaftaran Mudik Gratis Moda Bus Kembali Dibuka, Kuota 10.000 Orang

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat kembali membuka pendaftaran mudik gratis moda bus sebanyak 10 ribu orang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024