Tambang Emas di Lombok Barat Segera Ditutup

VIVAnews - Pemerintah Kabupaten Lombok Barat akan menutup area pertambangan emas yang berada di Desa Sekotong Lombok Barat. Bupati Lombok Barat Zaini Arony menilai area pertambangan emas itu ilegal dan merusak sumberdaya alam.

"Hari ini kami berkoordinasi dengan jajaran muspida untuk rencana penutupan itu.Target minggu-minggu ini lokasi pertambangan emas akan ditutup," kata Zaini kepada wartawan usai mengahidiri pemasangan tiang pancang oleh Menteri ESDM Kamis 30 April 2009.

Rencananya pemerintah Lombok Barat akan mendatangkan ahli pertambangan dari dari pusat yang dimediasi oleh dirjen pertambangan untuk memberikan pelatihan terhadap penambang lokal.

Nantinya lokasi pertambangan itu dapat dikelola oleh perusahaan atau perorangan yang punya sertifikat resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah Lombok Barat.

Saat ini terdapat ribuan penambang ilegal yang beroperasi di enam titik pertambangan di wilayah Sekotong Lombok Barat. Bahkan para penambang emas ilegal itu sudah merambah masuk kedalam hutan. Zaini mengaku khawatir pertambangan ilegal itu dapat merusak hutan.

Pemerintah Kabupaten Lombok Barat akan mendata jumlah penambang liar yang beroperasi diwilayah Sekotong. Dari data tersebut selanjutnya akan dilakukan pembagian zona untuk mengatur pertambangan Sekotong itu.

"Tentu kami akan mengatur sebaik mungkin sehingga hasilnya dapat diamnfaatkan semua masyarakat. Ada zona pertambangan rakyat,zona tambang pemerintah dan ada juga zona pariwisata,"ujarnya.

Area pertambangan emas di Kecamatan Sekotong Lombok Barat mulai dioperasikan masyarakat pada awal tahun 2008. Awalnya daerah tambang itu dikelola oleh PT Newmont Nusa Tenggara.

Awal tahun 2009, tambang emas yang terletak di Dusun Selodong telah merenggut nyawa enam penambang emas. Mereka tertimbun bongkahan batu besar saat mencari emas.

Kini pemerintah Kabupaten Lombok Barat tampak tegas untuk mengatur wilayah Sekotong tersebut. Zaini Arrony yang baru sepekan menjalankan kepemerintahannya langsung menyikapi masalah Sekotong. "Saya sudah koordinasikan rencana itu ke Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro," tuturnya.

Laporan: Edy Gustan | Mataram

Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang
Ilustrasi aplikasi.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Namanya Tripper, aplikasi hiburan terbaru yang dapat dinikmati penumpang sebelum, saat, dan sesudah penerbangan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024