Survey LP3ES

Hidayat Nur Wahid Cawapres SBY Favorit

VIVAnews - Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) mengeluarkan hasil survei terbaru tentang elektabilitas calon presiden dan wakil presiden dalam pemilihan presidan 2009. Salah satu yang disurvei adalah persepsi masyarakat terhadap kriteria calon wakil presiden untuk Susilo Bambang Yudhoyono.

Siapa pendamping paling tepat untuk Yudhoyono? "Muncul nama-nama figur favorit. Dari 1.118 responden, 37,9 persen memilih Hidayat Nur Wahid," kata Kepala Divisi Penelitian LP3ES, Fajar Nursahid di Audiotorium Adhiyana, Wisma Antara, Jakarta, Kamis 30 April 2009.

Di urutan dua, muncul nama mantan Ketua Umum Partai Golkar, Akbar Tandjung yang dipilih 13,2 persen responden. "Sebanyak 12,5 persen memilih Sri Mulyani, 7,7 persen memilih Hatta Rajasa, dan 3,6 persen memilih Soetrisno Bachir," tambah Fajar.

Dalam survei juga terlihat pertimbangan masyarakat tak lagi mementingkan faktor suku, Jawa atau non-Jawa bukan lagi masalah. "Sebanyak  39 persen responden memilih calon wakil presiden Yudhoyono dari Jawa,  20,9 persen memilih berasal non jawa, dan 39,4 berpendapat sama saja," kata Fajar.

Sedangkan dari sisi usia, mayoritas responden memilih tokoh muda. "52,6 persen berpendapat pendamping Yudhoyono berasal dari tokoh muda, 32,5 persen memilih tokoh tua, dan 14,9 persen berpendapat tua atau muda sama saja.

Dijelaskan Fajar, survei yang dilakukan LP3ES dilakukan dengan metodologi televoting di lima kota yakni Medan, Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Makassar. Jumlah responden yang disurvei sebanyal 1.118 orang. "Margin of error 2,9 persen, tingkat kepercayaan survei 95 persen," tambah dia.

Polisi Ungkap Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Diduga Menistakan Agama
Waketum Nasdem, Ahmad Ali di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Ahmad Ali Temui Prabowo, Sekjen Nasdem: Bagian dari Silaturahmi, Pak Prabowo Pernah ke Sini

Sekertaris Jenderal Partai Nasdem, Hermawi Taslim, menegaskan kalau kehadiran Wakil Ketua Umum Nasdem Ahmad Ali ke rumah pribadi Prabowo Subianto dalam rangka silaturahmi

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024