Wabah Flu Babi

Jurus Tepat Tangkal Flu Babi

VIVAnews - Makin melonjaknya angka korban akibat flu babi di sebagian negara tentu makin membuat kita resah. Jangan langsung panik dan bingung. Jangan mencari info seputar flu babi di tempat yang salah. Anda bisa mendapatkan info dan metode tepat seputar penyakit menular ini di bawah ini!

Memed Zoelkarnain, Koordinator Komunikasi Komnas FBPI (Flu Burung dan Pandemi Influenza) mengungkapkan langkah TEPAT (TEnang, PAhami, dan Tanggap) menangkal serangan virus H1N1 ini. Antara lain:

1. Anda harus mencari informasi tentang semua influenza (flu atau pilek) Pastikan Anda selalu mencari informasi tentang wabah flu baik yang bersifat musiman atau yang mematikan. Dan, sebarkan informasi tersebut kepada anggota keluarga dan orang terdekat Anda.

2. Mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin sebelum makan atau sebelum beraktivitas lainnya agar Anda dan keluarga terbebas dari virus penyakit. Cara yang tepat, tangan yang telah basah disabuni hingga berbusa, digosok-gosok bagian telapak maupun punggungnya, terutama di bawah kuku, minimal 20 detik. Lalu, bilas dengan air mengalir dan keringkan dengan kain bersih atau kibas-kibaskan kedua tangan di udara.

3. Anda harus praktekkan etiket batuk dan bersin. Tutupi hidung dan mulut saat bersin dan batuk, dengan menggunakan tisu atau lengan dalam Anda. Hindari meludah di tempat umum. Gunakan masker dan penutup hidung saat berada di tempat-tempat umum.

4. Amati kondisi yang berisiko menularkan virus. Jaga jarak dengan penderita flu setidaknya satu meter. Apabila menderita flu beristirahatlah di rumah dan hindari ke luar rumah serta berkumpul dengan orang banyak. Segera periksakan ke dokter bila flu bertambah buruk.

Tamiflu, obat ampuh flu babi?
Jika gejala-gejala flu buruk mulai nampak, seperti demam tinggi (>38º Celcius, dan perlu diwaspadai, terutama jika sudah mengonsumsi obat penurun panas, tapi suhu tubuh tidak kunjung menurun), batuk dan sesak napas.

Segeralah dibawa ke puskesmas atau rumah sakit terdekat. Jika  penderita yang terkena virus belum melewati waktu 48 jam, tamiflu, penangkal virus flu babi yang sudah tersedia di puskesmas dan rumah sakit terdekat bisa menjadi penawar virus, yang mampu menyembuhkan penderita.

Hotline flu babi
Ingin memahami lebih jelas A – Z mengenai flu babi, Anda bisa menghubungi pusat krisis penyakit ini, di antaranya:

- Komnas pengendalian Flu burung dan kesiapsiagaan menghadapi influenza
Telp: (021) 3854227 (Bisa dihubungi selama jam kerja: Senin-Jumat, pukul 09.00-17.00 WIB)

- SMS Center 081280000358 – 08197904919 (bisa dihubungi 24 jam)

- Call Center POSKO KLB (Kejadian Luar Biasa) Depkes 021 – 4257125 (bisa dihubungi 24 jam)

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa
Sidang Lanjutan sengketa perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Kubu 01 dan 03 meminta izin ke MK agar bisa menghadirkan sejumlah menteri dalam persidangan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024