Enam PDAM Siap Dapat Kucuran Dana Bank

VIVAnews - Enam Perusahaan Daerah Air Minum  siap  meneken  akad kredit dengan perbankan. Kemitraan ini bagian dari  proses revitalisasi PDAM yang tinggal menunggu Peraturan Presiden (Perpres).

PDAM tersebut  yaitu PDAM Kabupaten Ciamis, PDAM Kota Tangerang, PDAM Kabupaten Bogor, PDAM Kabupaten Serang, Kabupaten Bandung, dam PDAM Kabupaten Bekasi.

"Saat ini rancangan perpres berada di sekretaris kabinet dan dibahas untuk diperoleh keputusan," kata Direktur Jenderal  Bina Marga  Departemen Pekerjaan Umum Budi Yuwono pada temu wartawan di Jakarta, Kamis 30 April 2009.

Selain enam PDAM yang telah selesai menyusun proposal investasi, Departemen PU memperkirakan enam PDAM lainnya juga akan merampungkan proposal pada akhir Mei 2009. PDAM  tersebut yaitu PDAM Kota Malang, Kabupaten Gresik, Kabupaten Pemalang, Kota Semarang, Kota Pontianak dan Kota Medan.  

Nilai investasi 12 PDAM ini mencapai  Rp 4,5 triliun untuk penambahan 716.400 sambungan. Lebih lanjut  Budi mengatakan, sumber dana Rp 2,4 triliun di antaranya  berasal dari ekuitas  pemerintah, pemerintah daerah dan PDAM. Sementara pinjaman perbankan sebesar Rp 2,1 triliun. Pemerintah  juga menyiapkan  Rp 15 miliar tahun ini sebagai subsidi bunga perbankan.

Pada target pembiayaan  PDAM  dengan perbankan, Departemen PU telah mengirimkan kinerja keuangan 10 PDAM  ke perbankan nasional seperti Bank Mandiri, BNI, BRI dan Bank DKI. "Kesepakatan investasi antara PDAM, Pemda dan DPRD akan dibahas dalam workshop Mei dan Juni 2009," tutur Budi.
 
Revitalisasi PDAM, katanya,  berlangsung  sesuai  rencana. Sejak 18 Februari 2009 lalu,  Menteri Dalam Negeri telah menyebarkan surat edaran kepada semua pemangku kepentingan mengenai pembebasan setoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga jangkauan diatas 80 persen dan pemberlakuan tariff cost recovery.  Dukungan Menko peekonomian  mengenai pembentukan  tim koordinasi sudah diterima Departemen PU 22 April 2009 lalu. "Pedoman teknis pelaksanaannya sedang  kami susun," kata Budi.

Jaringan Mubaligh Muda Indonesia Apresiasi Silaturahmi Rosan ke Megawati
pemain manchester city merayakan gol

Bantai Luton, Manchester City Tendang Arsenal dari Puncak Klasemen Liga Inggris

Manchester City menang besar saat menjamu Luton dalam laga lanjutan Premier League 2023/2024 di Stadion Etihad, Sabtu 13 April 2024. Arsenal digusur

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024