Jatuhnya Harga Emas Pemicu Deflasi 2009

VIVAnews - Setelah dua bulan berturut-turut menjadi penyumbang inflasi, pada April 2009 harga emas perhiasan tercatat sebagai faktor penarik inflasi. Hal ini yang mengakibatkan bulan lalu terjadi deflasi 0,31 persen.

"Depresiasi rupiah yang terjadi pada April 2009 membuat harga emas dalam rupiah menjadi murah. Dari deflasi 0,31 persen, emas perhiasan menyumbang minus 0,13 persen. Harga emas ini kontributor deflasi terbesar," kata Kepala Badan Pusat Statistik Rusman Heriawan di Jakarta, Jumat 1 Mei 2009.

Deflasi juga disumbang penurunan harga cabe rawit, cabe merah, beras karena masih ada panen di mana-mana, daging ayam ras, bawang merah, dan sayur-sayuran. Sementara yang memberikan kontribusi inflasi adalah minyak goreng.

"Kita tahu ada gerakan naik untuk harga CPO (crude palm oil) internasional. Itu juga memberi dampak pada minyak goreng dalam negeri, gula pasir, rokok, kontrak rumah. Kondisi secara keseluruhan itulah yang menyebabkan terjadi deflasi pada bulan April," kata Rusman.

Selain deflasi 0,31 persen, BPS  mencatat inflasi kalender Januari-April 2009 sebesar 0,05%. Sedangkan inflasi tahunan 7,31 persen.

Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan
Xiaomi SU7

Coba-coba Bikin Mobil Listrik, Xiaomi Dibuat Kaget

Permintaan untuk mobil sedan listrik Xiaomi SU7, jauh lebih tinggi dari yang diprediksi oleh perusahaan. Hal ini diungkapkan oleh Chief Executive Officer Xiaomi, Lei Jun.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024