Pembunuhan Nasrudin

Penyidikan Antasari Dilanjutkan Kejaksaan

VIVAnews - Kejaksaan Agung akan melanjutkan penyidikan terhadap Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Antasari Azhar yang menjadi tersangka kasus pembunuhan Direktur Utama PT Direktur Putra Rajawali Banjaran, Nasrudin Zulkarnaen.

"Lanjutan perkara ini akan ditangani kejaksaan selaku penuntut umum," kata juru bicara Kejagung Jasman Panjaitan di Jakarta, Jumat 1 Mei 2009.

Jabatan Antasari selaku ketua KPK, kata Jasman, memungkinkan penuntut umum melakukan penyidikan tanpa meminta izin kepada Jaksa Agung. "Dengan tidak ada di Kejaksaan maka pasal 8 ayat 5 UU Kejaksaan tidak berlaku lagi. Dia sudah tidak dikejaksaan lagi, maka UU tidak berlaku," tegas Jasman berulang kali.

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Kejaksaan juga sudah menerima surat resmi dari Mabes Polri dengan permintaan cekal Antasari Azhar. "Hari ini sudah kita kirimkan ke pihak imigrasi untuk pencekalan ke seluruh wilayah Indonesia," kata Jasman.

Polisi telah menangkap sembilan pelaku yang diduga eksekutor pembunuhan. Polisi juga telah menangkap Komisaris Utama Harian Merdeka, Sigid Haryo Wibisono. Menurut Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri, Komisaris Jenderal Susno Duadji, dua tersangka pembunuh Nasrudin, "Semuanya orang-orang penting."

Kepolisian juga telah meminta Imigrasi untuk mencekal Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Antasari Azhar. Apakah pencekalan itu terkait dengan pembunuhan ini, belum dijelaskan.

Nasrudin ditembak usai bermain golf di Padang Golf Modernland, Cikokol, Tangerang, sekitar pukul 14.00, Sabtu 14 Maret 2009. Ia ditembak di dekat mal Metropolis Town Square.

Mobil BMW silver miliknya tiba-tiba dipepet dua pria mengendarai sepeda motor. Salah seorang pengendara langsung memuntahkan dua peluru ke arah kepala Nasrudin yang duduk di kursi belakang.

Seketika, sopir korban langsung membawanya ke Rumah Sakit Mayapada Tangerang. Kondisi Nasrudin dinyatakan kritis. Rumah sakit itu pun tak mampu menanganinya dan merujuknya ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto. Nasrudin meninggal 22 jam kemudian.

Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?
Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto. Muhammad AR/VIVA

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Ketua DPRD Kota Bogor mendorong agar pemerintah setempat memberi bantuan semacam "THR Lebaran" bagi 1.134 warga terdampak bencana tiga bulan terakhir ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024