Wabah Flu Babi

DKI Tunjuk Lima Rumah Sakit Rujukan Flu Babi

VIVAnews - Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyiapkan rumah sakit rujukan bila nanti ada pasien terinfeksi virus H1N1 alias flu babi.

Rumah sakit yang dijadikan rujukan yaitu RSUD Cengkareng, RSUD Tarakan, dan RS Fatmawati. Tiga rumah sakit ini menambah daftar rumah sakit yang menjadi rujukan.

Sebelumnya, RS Sulianti Saroso dan RS Persahabatan sudah menyatakan kesiapannya. "Walau belum ada penderita flu babi yang terdeteksi, kita tetap harus siaga menyiapkan rumah sakit untuk menangani penyakit tersebut," ujar Dien Emmawati, kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Rumah sakit yang disiapkan untuk menangani flu babi, kata Dien, harus memiliki ruangan terpisah dengan pasien lainnya, termasuk memiliki pintu-pintu ruangan yang banyak.

Pasalnya, penderita flu babi tidak boleh masuk melalui pintu-pintu yang biasa dilewati pasien lain di rumah sakit tersebut.  "Yang jelas, tidak boleh satu gedung dengan pasien lain di rumah sakit yang menjadi rujukan," jelas Dien.

Sedangkan untuk pencegahan penularan, lanjut Dien, Dinas Kesehatan DKI Jakarta berkoordinasi dengan Departemen Kesehatan melakukan deteksi dini di dua pintu masuk internasional, yaitu Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, dan Pelabuhan Tanjung Priok.

Setiap warga negara asing yang baru datang dari luar negeri akan diperiksa suhu tubuhnya. Jika dari deteksi screen awal ditemukan suhu tubuhnya mencapai 38 derajat lebih, maka yang bersangkutan akan diinvestigasi oleh petugas kesehatan di Bandara Soekarno-Hatta atau Pelabuhan Tanjung Priok.

Jika ada kemungkinan orang itu terdeteksi flu babi, maka yang bersangkutan langsung dikarantina dan selanjutnya dibawa ke rumah sakit rujukan yang menangani flu babi untuk penanganan lebih lanjut.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita Minta Rp100 Juta Ditangkap
Frislly Herlind

Perdana Jajal Action di Film Horor Marni The Story of Wewe Gombel, Frislly Herlind Rasakan Hal Ini

Diakui Frislly, dirinya sempat mengalami memar-memar saat proses latihan action, namun ia tidak merasakan sakit sama sekali.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024