Wabah Flu Babi

Bali Waspadai Pesawat Asal Hongkong

VIVAnews - Hongkong telah ditetapkan sebagai negara terjangkit flu babi oleh organisasi kesehatan dunia (WHO). Bali, salah satu wilayah yang memiliki rute penerbangan langsung dari Hongkong langsung meningkatkan kewaspadaannya. Penerbangan Bali-Hongkong selama sepekan tercatat 14 kali.

Kewaspadaan ditingkatkan lantaran hanya pesawat dari Hongkong yang melakukan penerbangan langsung, sementara untuk dan dari negara terjangkit lainnya biasanya transit di negara tertentu.

Tiga pesawat yang terbang langsung Bali-Hongkong maupun sebaliknya yaitu Cathay Pasific dan Garuda Indonesia masing-masing lima kali dalam sepekan sementara Hongkong Express empat kali dalam sepekan.

Hal ini diungkapkan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Harry Bakti saat menggelar jumpa pers di ruang VIP II Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, Sabtu 2 Mei 2009. "Mulai hari ini, pesawat dan penumpang dari Hongkong ditempatkan pada remote appron yaitu parkir 19 dan 20 terletak di ujung bandara," terang Herry.

Teknis pemeriksaan yang dilakukan, petugas akan mendatangi pesawat tersebut dengan mengecek penumpang lalu menyemprotkan disinfektan ke badan pesawat secara keseluruhan. Sementara penumpang dengan pesawat lain tetap dilakukan pengecekan menggunakan thermo scanner dan body cleaner disinfectan yang terpasang di kedatangan internasional.

"Semua bandara internasional, apalagi untuk Bali bertepatan dengan pelaksanaan ADB pengecekan dilakukan selektif," ungkapnya.

Hari ini, ada dua pesawat dari Hongkong yang telah mendarat di Bali yaitu Cathay Pasific dengan penerbangan CX 785 dan Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 857.

Selain Hongkong, dan dua negara asal virus yaitu Meksiko dan Amerika Serikat untuk kategori negara terjangkit juga ada 8 negara lain yaitu Austria, Kanada, Selandia Baru, Jerman, Israel, Spanyol, Inggris, dan Denmark.

Sejauh ini, tambahnya, belum ada laporan yang suspect flu babi. Kalau toh nantinya ada yang terinfeksi maka pihak kantor kesehatan pelabuhan akan langsung membawa ke rumah sakit Sanglah sebagai RS rujukan.

Pihak bandara melalui maskapai membagikan kartu pengawasan kesehatan (health alert card) yang harus diisi penumpang secara lengkap. "Dengan kartu ini petugas dapat mengontrol tujuan penumpang dan apakah menderita sakit tertentu atau tidak," tandasnya.


Laporan : Wima Saraswati | Bali

Hakim Guntur Hamzah Tak Terbukti Langgar Kode Etik Meski Punya Jabatan di Asosiasi Pengajar HTN
Alyssa Soebandono

Anutusias Punya Anak Perempuan, Alyssa Soebandono Sampai Lakukan Hal Ini

Menyambut kelahiran anak pertama, Alyssa Soebandono merasa sangat antusias. Diungkap Dude, Istrinya itu sampai membeli baju-baju untuk anak perempuannya tersebut.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024