Sidang Tahunan ADB di Bali

ADB: Asia Akan Pimpin Pemulihan Krisis Global

VIVAnews - Bank Pembangunan Asia (ADB) memperkirakan Asia akan memimpin proses pemulihan ekonomi dari dampak krisis ekonomi global.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden ADB, Haruhiko Kuroda dalam seminar Krisis Keuangan Global dan Dampaknya Bagi Asia di Nusa Dua, Bali, 3 Mei 2009.

Dia menilai pemerintah Asia telah bertindak cepat dan tanggap guna menghadapi krisis keuangan yang berdampak terhadap pengangguran, produksi dan perdagangan.

Negara-negara berkembang di Asia, menurut dia, telah mengambil kebijakan stimulus fiskal melalui pemangkasan pajak dan mendongkrak belanja negara guna mendorong permintaan domestik. Bank sentral di kawasan ini juga telah menurunkan suku bunga.

"Pemerintah Asia telah berkomitmen untuk menolak proteksi, serta menjaga kebijakan investasi dan perdagangan yang terbuka," ujarnya.

Ke depan, negara-negara Asia mulai ada keseimbangan baru dari semula ketergantungan pada pasar luar negeri beralih pada konsumsi dan investasi domestik.

"Sudah ada tanda-tanda konsumsi domestik cukup kuat," ujarnya. "Asia mungkin akan menjadi pemimpin atau pulih lebih awal dari krisis."

5 Fakta Menarik Arsenal Usai Pesta Gol ke Gawang Chelsea di Premier League

ADB sendiri telah meningkatkan bantuan bagi negara-negara Asia sebesar US$ 10 miliar untuk 2009 - 2010 menjadi sekitar US$ 32 miliar. Bantuan itu diberikan dalam bentuk fasilitas kredit perdagangan, bantuan teknis, serta pinjaman program pengurangan kemiskinan sebagai imbas krisis.

Dari jumlah itu, ADB akan mengalokasikan sekitar US$ 3 miliar dalam bentuk pinjaman yang lebih murah bagi penanganan krisis.

Pertamina Patra Niaga Beberkan Upaya Pemerataan Energi Indonesia di Hannover Messe 2024
Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto mengatakan pihaknya Golkar dan juga partai Gerinda sepakat rekomendasikan nama Ridwan Kamil Sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta.

Airlangga Respons Gugatan PDIP di PTUN: Keputusan MK Sudah Final

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto buka suara soal langkah PDI Perjuangan (PDIP) yang melanjutkan gugatannya terhadap KPU RI ke Pengadilan Tata Usaha Negara.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024