Pemilu Panama

Juragan Supermarket Terpilih Jadi Presiden

VIVAnews - Juragan supermarket dari partai berhaluan konservatif, Ricardo Martinelli, dinyatakan menang telak dalam pemilihan umum (pemilu) presiden di Panama, Minggu 3 Mei 2009. Dengan demikian, dia bakal menjadi pemimpin baru Panama dan bertekad membawa negara kecil di Amerika Latin itu keluar dari krisis ekonomi sekaligus mewujudkan perluasan Terusan Panama.

Kemenangan Martinelli merupakan raihan bersejarah bagi partai oposisi, Aliansi Perubahan. Pasalnya, jarang sekali kubu berhaluan kanan-tengah itu bisa unggul di negara yang didominasi kekuatan sayap kiri.

Ketua Komisi Pemilu Erasmo Pinilla sudah menyatakan bahwa pengusaha-politisi berusia 57 tahun itu sebagai pemenang mutlak setelah penghitungan sementara menunjukkan dia sudah mendapat dukungan 61 persen suara. Jumlah suara yang telah masuk sebesar lebih dari 80 persen.

Sedangkan pesaing Martinelli, Balbina Herrara dari partai yang saat ini berkuasa, hanya didukung 37 persen suara. Sedangkan mantan presiden Gillermo Endara hanya menempati peringkat ketiga. Herrara sudah mengakui keunggulan Martinelli, Minggu malam waktu setempat (Senin pagi WIB). Martinelli akan mulai menjabat sebagai presiden mulai 1 Juli 2009 selama lima tahun. 

Martinelli, pemilik jaringan supermarket terbesar di Panama dan mengenyam pendidikan di AS, bertekad mengupayakan pemerintahan yang bersatu dengan menampung kepentingan banyak pihak. Dia juga dikenal sebagai politisi yang pro-bisnis dan turut mendukung ekspansi Terusan Panama yang membutuhkan biaya US$5,25 miliar.

Perluasan terusan itu penting bagi Panama untuk menerima kapal-kapal kargo yang lebih besar. Pasalnya, jalur perairan buatan itu merupakan motor ekonomi bagi Panama. (AP)

Hubungan Tak Baik, Ruben Onsu dan Jordi Onsu Sudah Setahun Tak Berkomunikasi
Zeekr 009 Grand

MPV Semewah Alphard Ini Bisa Melesat Sekencang Mobil Sport

Mobil MPV ini bukan sembarang minivan, melainkan sebuah istana mini yang memadukan kemewahan, performa, dan teknologi canggih. Bagian belakang kabin dipisahkan dari depan

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024