Lemas Akibat Obat Pelangsing

Tanya:
Saya (26) ingin sekali memiliki tubuh ramping (berat: 53kg, tinggi: 159 cm). Setahun belakangan, saya sudah mengonsumsi jamu-jamuan galian singset. Tapi, hasilnya tidak terlalu kelihatan. Maka itu, agar bobot tubuh lebih cepat turun, saya juga minum teh Cina yang juga berkhasiat melangsingkan tubuh.

Namun, setelah beberapa hari mengonsumsi kedua produk tersebut, akibatnya saya sering merasa lemas dan cepat lelah. Apakah rasa lemas ini akibat saya mengonsumsi jamu dan teh Cina secara bersamaan? Selain minum obat pelangsing, adakah pola diet yang cocok untuk saya? 

grxxx@yahoo.com

Jawab:
Rasa lemas yang Anda alami, mungkin karena dehidrasi dan gangguan keseimbangan cairan dalam tubuh Anda, akibat dari konsumsi kedua obat pelangsing tersebut. Pasalnya, selain berdampak menahan nafsu lapar, jamu dan teh Cina juga mempunyai efek lain, yaitu menyebabkan cairan tubuh banyak keluar.

Jadi, sebaiknya jangan dikonsumsi secara bersamaan dan terus-menerus. Adakan interval, dengan mengonsumsi secara bergantian atau komsumsi salah satunya saja untuk menghindari efek sampingnya.

Sebenarnya, jika dilihat dari berat dan tinggi badan yang dimiliki sekarang, bobot tubuh Anda masih dalam batas normal. Justru yang perlu Anda lakukan sekarang adalah olahraga yang teratur tiga kali seminggu, seperti jogging atau senam aerobik selama satu jam setiap sesinya.

Bila Anda ingin berdiet juga tidak perlu yang terlalu ketat, yang penting sesuai gizi yang seimbang. Saya sarankan Anda mencoba diet 1700 kalori. Berikut pola menunya:
 
Menu 1700 kalori:

- Protein        80g
- Lemak         40g
- Hidrat Arang    255g

Pembagian makan per hari:
Pagi:     - Segelas susu (susu bubuk rendah kalori dua sdm ditambah 2 sdt gula)
- Setangkup roti isi selai buah
    - Selingan jam 10.00: sebuah apel
Makan siang:
-    Nasi (175g)
-    Lauk: daging/ikan/ayam (1 potong sedang – 50g)
-    Tahu/tempe (1 potong sedang)
-    Sayuran (100 g - semangkuk kecil)
Selingan jam 15.00: Setangkup roti isi telur mata sapi
Makan malam:
-    Nasi (150g)
-    Lauk: danging, ikan, ayam (1 potong besar)
-    Sayuran 100g  (semangkuk kecil)
-    Buah 100g (sebuah jeruk)

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan
Ilustrasi penembakan.

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Seorang anggota polisi ditemukan tewas dengan luka tembak di kepala di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Kamis 25 April 2024

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024