Dua Event Internasional di Indonesia

Depkes Perketat Penangulangan Influenza

VIVAnews - Departemen Kesehatan menetapkan prosedur tetap pengendalian dan penanggulangan influenza dalam rangka pengamanan Asia Development Bank Meeting di Bali dan World Ocean Conference di Manado.

Dibuka Menguat, IHSG Diprediksi Balik Melemah Hari Ini

"Karena akan banyak orang asing yang akan masuk maka Departemen menerapkan prosedur ini guna mencegah pandemi virus H1N1," kata Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari di kantornya, Jakarta, Senin 4 Mei 2009.

Prosedur, kata dia, akan dilakukan dengan sangat ketat. "Mulai dari bandara," kata Siti. Ia juga menegaskan setiap pasien yang dicurigai akan langsung dirujuk ke rumah sakit yang sudah ditunjuk.

Khusus untuk Meeting Asia Development Bank, Pemerintah menunjuk Rumah Sakit Sanglah Denpasar. Sementara untuk pertemuan World Ocean Conference di Manado, Rumah Sakit Kandau yang menjadi rujukan pemerintah.

Dalam setiap rumah sakit itu telah disiapkan ruang isolasi untuk pasien yang dicurigai tersebut. "Penerapannya sama dengan penanganan virus H5N1 atau flu burung," kata dia."Pada pasien yang dicurigai itu juga diberikan kesempatan untuk mencari second opinion," kata Siti.

Tim kesehatan, kata dia,berhak melakukan penyelidikan epidemiologi dalam pengamanan dua pertemuan tersebut. Mengenai biaya, kata dia, "Semua ditanggung oleh Pemerintah."

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Tjandra Yoga mengatakan di setiap bandara akan dilakukan screening kepada para pendatang. Tidak hanya itu, kata Tjandra, telah pula disiapkan satu ambulance dengan peralatan lengkap. "Sebagai antisipasi," kata dia.

Eks Karutan KPK Achmad Fauzi saat melakukan permintaan maaf

KPK Eksekusi Sanksi Etik Eks Karutan Achmad Fauzi soal Kasus Pungli

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) eksekusi sanksi etik mantan Kepala Rutan cabang KPK Achmad Fauzi berupa permintaan maaf secara langsung.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024