RI Siap Gelar World Ocean Conference

VIVAnews - Disadari atau tidak, laut berperan besar dalam menentukan iklim dan cuaca di muka bumi. Isu pemanasan iklim yang menjadi isu hangat beberapa tahun terakhir inisiasi sejumlah negara di wilayah Asia Tenggara dan Australia untuk mengadakan dua konvensi internasional di bidang kelautan, yakni World Ocean Conference (WOC) dan Coral Triangle Initiative Summit (CTI Summit).

Adalah gagasan besar Indonesia untuk memberikan perhatian pada sumber daya hayati kelautan melalui penyelenggaraan dua konvensi yang rencananya akan diadakan di Manado pada 11-15 Mei mendatang.

"Konvensi ini murni ide kita, Indonesia. Walaupun begitu, sebelumnya, kita juga melibatkan beberapa LSM skala internasional, seperti UNESCO dan UNDEP. Kita sempat berkonsultasi lebih dulu dengan mereka sekaligus meminta dukungan," ujar Dirjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau-Pulau Kecil DKP, di sela konferensi pers WOC & CTI Summit, di gedung Depkominfo, Medan Merdeka Barat, Senin 4 Mei 2009.

Adapun lima negara lainnya yang ikut menggagasi konvensi ini bersama Indonesia, di antaranya Filipina, Malaysia, Papua New Guinea, Solomon Island, dan Timor Leste. Keenam negara tersebut berada di kawasan segitiga terumbu karang, yang dikenal juga dengan sebutan Amazone of the Seas, yang memiliki luas kurang lebih 75.000 km2, dan mempunyai lebih dari 500 spesies terumbuh karang.

Diketahui pula, lebih dari 120 juta penduduk hidup dari sumber daya hayati di kawasan tersebut, yang memiliki nilai ekonomis lebih dari US$ 2,3 miliar atau setara Rp 24,2 triliun per tahun.

Dua acara konvensi internasional kelautan di Manado ini diharapkan dapat menghasilkan kesepakatan tentang:
1. Penentuan bentang laut untuk percontohan pengelolaan yang baik dan berkelanjutan di masing-masing negara,
2. Pengembangan jejaring kawasan konversi laut,
3. Pengelolaan perikanan berbasis ekosistem dan pengelolaan sumber daya hayati laut,
4. Pengembangan pendanaan, kapasitas dan keterlibatan sektor swasta yang berkelanjutan,
5. Penyesuaian yang terukur terhadap perubahan iklim,
6. Memperbaiki status ancaman terhadap spesies laut.

MIC Kembali Hadir Meriahkan Hari KI Sedunia Ke-24 Tahun 2024
wawancara Ketum PSSI, Erick Thohir dengan Aljazeera

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir membeberkan kunci keberhasilan Timnas Indonesia tampil impresif dalam melakoni sejumlah laga di Piala Asia U-23 2024 Qatar.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024