Imbas Krisis Finansial

Negara Korban Krisis Serbu IMF


VIVAnews - Imbas krisis finansial dunia semakin mencemaskan. Negara-negara yang menjadi korban krisis finansial kini mulai antre menyerbu Dana Moneter Internasional (IMF) guna meminta bantuan pinjaman.

Beberapa negara sudah mendapatkan komitmen untuk di-bail out oleh IMF, seperti Islandia, Ukraina, Pakistan, Hungaria, dan Polandia.

Sedangkan, beberapa negara lain tampaknya bakal menyusul, seperti Belarusia, Serbia, Rumania, Brazilia dan Turki. Mereka sudah mulai mengontak IMF untuk menjajaki kemungkinan bantuan. 

Untuk mengatasi antrean para peminjam tersebut, Perdana Menteri Inggris Gordon Brown meminta tambahan setoran anggota secara signifikan. Itu bisa dipasok oleh negara-negara yang memiliki cadangan devisa dalam jumlah besar, seperti Cina dan negara-negara kaya minyak Timur Tengah.

"Pelarian modal telah membuat sejumlah negara sangat potensial menjadi korban krisis," ujar Brown. Menurut dia, kondisi IMF yang memiliki devisa US$ 200 miliar sudah sangat mendesak untuk mendapatkan suntikan baru.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

"IMF seperti koperasi," ujar Paul Masson, profesor Keuangan Internasional di Rotman School of Management, AS. Anggota membayar iuran ke IMF, kemudian mereka bisa meminjam kembali ketika mereka perlu. "Persoalannya, jika setiap orang meminjam apakah duitnya cukup."

John Lipsky, Deputi Direktur Pelaksana IMF kepada CNBC sebelumnya menyatakan jika persoalan ini terus berlanjut ada kemungkinan mengkaji soal tambahan devisa. IMF bisa mendiskusikan dengan negara anggota soal tambahan iuran.

Perincian pinjaman IMF

Islandia (US$ 2 miliar)
Ukraina (US$ 16,5 miliar)
Pakistan (US$ 14,5 miliar)
Hungaria (US$ 10 miliar)
Polandia (US$ 12,8 miliar).

Thestar.com

Gunung Marapi Kembali Erupsi, Terjadi Hujan Abu Vulkanik dan Ganggu Penerbangan
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024