'BUMN Beli Bumi Bila Harga Bagus'

VIVAnews - Kementerian Negara BUMN menilai, perusahaan BUMN dapat mengkaji pembelian saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) bila harga jual menjanjikan. Pemerintah menilai Bumi Resources merupakan salah satu aset yang cukup bagus.

"Kita membutuhkan batu bara dan Bumi itu aset yang bagus. Daripada dibeli asing, kenapa tidak dibeli sendiri," kata Menteri Negara BUMN Sofyan Djalil di Jakarta, Kamis 30 Oktober 2008.

Sofyan menjelaskan, pembelian saham Bumi dimungkinkan bila harga jual dan penilaian business to business menjanjikan. Namun, porsi pembelian saham belum dipastikan, karena tergantung ketersediaan dana dari masing-masing BUMN. "Tapi, bila ingin membeli semua, tergantung pada harganya," lanjut dia.

Disinggung ketertarikan PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk (PTBA) untuk ikut membeli saham Bumi, Sofyan mengaku belum mendapat laporan. "Saya dengar memang berminat dan sedang membahas bersama Bumi. Tapi, saya belum bisa memastikan," lanjut dia.  

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

Dia menambahkan, konsorsium BUMN untuk pembelian saham Bumi tidak hanya terdiri atas sejumlah perusahaan negara, tapi juga pihak lain. Namun, Sofyan enggan menjelaskan pihak mana yang dimaksud.

Badak Taman Nasional Ujung Kulon

Ironi Perburuan Badak Jawa di Kawasan Konservasi Ujung Kulon, Cula Dijual Rp 280 Juta

Di lahan konservasi tersebut, badak Jawa yang dilindungi itu jadi target perburuan liar dan cula nya dijual ke Jakarta secara ilegal dengan nilai ratusan juta rupiah.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024