APBN 2009

Anggaran Pendidikan Rp 207,4 Triliun

VIVAnews - Pemerintah mengalokasikan anggaran pendidikan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2009 sebesar Rp 207,4 triliun. Besaran ini sudah mencakup 20 persen anggaran sesuai dengan amanat undang-undang pendidikan.

Dalam UU APBN 2009 disebutkan bahwa anggaran 20 persen sudah mengacu pada perbandingan dari alokasi anggaran pendidikan dengan total belanja negara Rp 1.037 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah bersama dengan DPR telah berusaha keras untuk memenuhi amanat undang-undang. "Ini hal yang sulit karena kondisi anggaran terbatas," papar Sri Mulyani dalam rapat paripurna DPR RI, Kamis 30 Oktober 2008.

Ia melanjutkan, dengan dipenuhinya alokasi anggaran 20 persen, maka akan banyak hal
yang bisa dilakukan berkaitan dengan kualitas pendidikan. "Anggaran ini penting untuk pendidikan yang lebih baik," ujarnya.

Pemanfaatan tambahan anggaran antara lain bisa digunakan untuk mendukung wajib belajar sembilan tahun, meningkatkan profesionalitas guru dan dosen, meningkatkan mutu pendidikan serta percepatan penataan pendidikan nasional sesuai amanat undang-undang.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi
Ilustrasi kanker prostat.

Waktu Idel untuk Kencing Setiap Hari, Laki-laki Harus Tahu Agar Prostat Tetap Sehat

Jika terjadi pembesaran pada prostat, ini bisa menyebabkan sumbatan dan gangguan pada proses kencing.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024