Pemerintah Back Up Sektor Riil Rp 10 Triliun

VIVAnews - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan pemerintah menyiapkan dana sebesar Rp 10 triliun untuk memback up sektor riil.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

Dana antisipasi krisis global ini ini bisa digunakan jika terjadi suatu kondisi yang mengharuskan pemerintah mengucurkan subsidi.

"Jadi begini, dalam APBN ada anggaran Rp 10 triliun untuk sektor riil atau yang ditanggung pemerintah dan subsidi-subsidi lain. Dana ini ada untuk dicadangkan jika nanti ada penurunan tajam. Ini akan menjadi support pemerintah sebagai salah satu instrumen counter critical," ujar Menkeu usai pengesahan UU APBN 2009 di Gedung DPR, Jakarta, Kamis 30 Oktober 2008.

Pada anggaran 2008, dana serupa juga dipakai untuk mensubsidi pangan yang dikenalkan sebagai program kebijakan stabilisasi harga (PKSH). Pemerintah melalui PKSH  memproteksi harga-harga pangan seperti minyak goreng agar jangan terlalu tinggi. "Tahun depan dana ini kita alihkan," ujarnya.

Hal ini ditujukan untuk memberikan sedikit ruang kepada para pengusaha sektor riil dalam menghadapi gejolak finansial. "Namun kita akan melihat secara selektif dan yang penting dananya ada dan didukung oleh DPR," lanjutnya.

Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024