Survei J.D. Power Asia Pacific

Banyak Pemilik Mobil Baru Keluhkan Transmisi

VIVAnews – Kemarin, lembaga penelitian indepeden J.D. Power Asia Pacific, merilis hasil penelitian mereka tentang kualitas mobil baru pada masa pemakaian awal antara 2-6 bulan pertama.

Produksi Tembakau Sintetis, Remaja di Tangerang Ditangkap Polisi

Berdasarkan survei, diketahui hampir seluruh pemilik mobil baru di Indonesia mengalami masalah dengan tunggangannya. Keluhan paling dominan diterima adalah sulitnya memindahkan gigi.

”Lebih dari seperempat (26 persen) masalah yang dilaporkan terkait dengan mesin dan transmisi. Ini merupakan proporsi terbesar dari seluruh komponen kendaraan yang diukur,” kata Rajeev Nair, country manager J.D. Power Asia Pacific, Singapura, dalam siaran pers yang dikirimkan kepada VIVAnews, 30 Oktober 2008.

Orang Tua Pratama Arhan Langsung Sholat Dhuha dan Doakan Indonesia ke Final

”Sementara masalah terkait mesin dan transmisi serta pengalaman berkendara dan eksterior yang dilaporkan, mencakup lebih dari 60 persen,” kata dia.

Studi ini juga mengoleksi pernyataan positif dari 46 persen responden yang mengaku tidak mengalami masalah kualitas awal pada mobil barunya.

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

Responden pada ketegori ini menyatakan pasti akan merekomendasikan model mobil yang digunakannya kepada kerabat dan sanak famili. Sedangkan pelanggan yang mengalami tiga masalah atau lebih, hanya 21 persen di antaranya yang mengatakan hal serupa.

Menyediakan tingkat kualitas awal yang tinggi, kata Nair, bisa memberikan dampak positif yang sangat besar kepada produsen. ”Perkataan dari mulut ke mulut sangat berpengaruh di Indonesia,” ujarnya.

Ditegaskannya pula, rekomendasi dari teman atau saudara, jauh lebih dipercaya konsumen calon pembeli ketimbang brosur maupun iming-iming pabrikan melalui tayangan iklan di media massa.

Nair mengungkapkan, penilaian yang dikeluarkan lembaganya itu didasari pada evaluasi terhadap laporan 2.857 responden. Mereka adalah para pemilik kendaraan baru yang melakukan transaksi sepanjang Oktober 2007 hingga Juli 2008.

Kerja lapangan untuk menyelesaikan survei ini dilakukan mulai April hingga September 2008. Total objek evaluasi meliputi 51 model mobil penumpang dan utility vehicle dari 13 merek.

Kualitas secara keseluruhan ditentukan oleh masalah yang dialami per 100 kendaraan (PP100) dari setiap segmen. Di mana skor yang lebih rendah menjadi indikator kualitas yang lebih tinggi.

Hasilnya, produk-produk rakitan Honda, Nissan dan Toyota, mendominasi pemeringkatan (selengkapnya lihat info grafis).

Studi Indonesia Initial Quality adalah satu dari tiga studi berbasis konsumen yang digelar J.D. Power Asia Pacific di Indonesia. Juli lalu, lembaga ini juga merilis studi yang mengukur kepuasan pelanggan terhadap layanan purna jual di dealer resmi.

Menyusul kemudian pada September, dikeluarkan hasil evaluasi untuk mengukur kepuasan pelanggan atas penjualan mobil baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya