BI Tunggu Laporan Penarikan Repo di Indover

VIVAnews - Bank Indonesia belum mengambil keputusan soal penarikan repo milik sejumlah bank lokal dan luar negeri yang tersangkut di Indover Bank.

BI yang memiliki 100 persen saham Indover masih menunggu laporan dari kurator yang ditunjuk pengadilan Belanda untuk menangani bank yang akhirnya dilikuidasi itu.

"Kita tunggu laporan, siapa saja yang melakukan redumption (penarikan) terhadap beberapa repo," kata Deputi Gubernur BI Mulyaman Hadad di Jakarta, Jumat 31 Oktober 2008.

BI, kata Mulyaman masih menunggu saran dari kurator. "Semua kewajiban kita akan kita sesuaikan. Pengadilan Belanda yang akan menentukan nanti," katanya.

Sekadar diketahui, Indover Bank tercatat memiliki kewajiban kepada 43 bank domestik. Nilai kewajiban terkait money market ini mencapai euro 49,8 juta atau sekitar Rp 650 miliar.

Selain di bank lokal, Indover juga memiliki kewajiban serupa kepada tujuh bank di luar negeri sebesar euro 72,19 juta atau sekitar Rp 939 miliar (kurs Rp 13.000/euro).

Selain lewat money market, Indover yang 100 persen sahamnya dimiliki Bank Indonesia juga memiliki kewajiban repo yang pada 6 Oktober 2008 tercatat euro 142 juta atau sekitar Rp 1,846 triliun. Sedangkan posisi repo pada 15 Oktober 2008 tercatat euro 128,380 juta atau sekitar Rp 1,669 triliun. Repo ini terdiri dari enam bank di Eropa.

Bank Sentral Belanda (De Nederlandsche Bank) menyatakan bahwa pengadilan Belanda telah memutuskan untuk membekukan kegiatan operasional Indover Bank yang berkedudukan di Amsterdam. Pembekukan operasi berlaku mulai 7 Oktober 2008 dan dilakukan setelah Indover mengalami kesulitan likuiditas sebagai dampak dari gejolak pasar keuangan global.

Kesulitan likuiditas yang dialami Indover Bank diperkirakan tidak akan dapat diselesaikan dalam jangka pendek. Apalagi, ketidakpastian yang tinggi atas berlangsungnya keketatan likuiditas di pasar uang global. Itu bisa meningkatkan risiko mitranya di pasar uang antar bank secara global.

Ini Momen Eko dan Akri Jenguk Parto Patrio di Rumah Sakit
Wuling BinguoEV di Mandalika

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Perjalanan ini berhasil membuktikan, bahwa mobil listrik BinguoEV mampu menempuh perjalanan jauh dengan aman dan nyaman.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024