Eksekusi Mati Amrozi cs

Polisi Utamakan Pengamanan di Empat Titik

VIVAnews- Markas Besar Kepolisian RI akan memperketat pengamanan menjelang dan sesudah eksekusi mati bom Bali I Amrozi, Imam Samudra dan Ali Ghufron di empat wilayah Indonesia, yakni Jawa Tengah, Banten, Jawa Timur dan Bali.

"Kenapa Bali, karena itu terkait tempat terjadinya bom. Kita juga menghimbau Polda lainnya untuk antisipasi pengamanan seperti Maluku, Poso dan Papua," ujar juru bicara Markas Besar Polri Inspektur Jenderal Abubakar Nataprawira di kantornya, Jakarta Selatan, Senin, 3 November 2008.  

Namun, lanjut Abubakar, pengamanan saat ini belum sampai 2/3 kekuatan Polri. Pengamanan Jawa tengah dikhususkan di Nusakambangan sebagai tempat eksekusi, Jawa Timur dan Banten sebagai tempat asal tinggal para terpidana.

Tidak hanya itu, Polri juga akan menerapkan pola pengamanan ke sejumlah objek vital, seperti Kedutaan Besar Negara, Pertamina, Hotel, Mall dan Bandar Udara.

"Kami tetap melakukan razia di objek tertentu terhadap penumpang kendaraan umum dan pribadi, terhadap mereka yang dicurigai membawa bahan-bahan peledak, dan berbahaya lainnya," papar Abubakar.

Terkait dengan pemakaman jenazah yang akan dibawa kemana setelah proses eksekusi, Polri memperkirakan ketiganya akan di makamkan di tempat asal di Lamongan dan Serang Banten. "Usai eksekusi jenazah akan kami angkut dengan menggunakan helikopter milik Mabes Polri," jelasnya.

Amrozi, Ali Ghufron dan Imam Samudra adalah terpidana ini adalah pelaku bom Bali I pada malam hari tanggal 12 Oktober 2002 di Kuta Bali, Indonesia. Peristiwa ini menewaskan 202 orang dan menciderakan 329 lainnya. Kebanyakan, korban merupakan wisatawan asing. Peristiwa ini sering dianggap sebagai peristiwa terorisme terparah dalam sejarah Indonesia.

Selain korban jiwa, perekonomian Bali yang bersandar pada pariwisata pun nyaris lumpuh. Wisatawan asing sempat takut berlibur ke pulau Bali. dan sejak peristiwa itu, banyak negara yang menuduh Indonesia sebagai sarang teroris.

Masa Penahanan Siskaeee Diperpanjang Polisi
Putri Anne

Putri Anne Blak-blakan Belum Bisa Move On dari Arya Saloka?

Putri Anne mendapat pertanyaan dari pengguna instagram tentang tips untuk bisa move on.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024