Latihan Timnas, Mushafry Datang Paling Dini

VIVAnews - Hari pertama latihan tim nasional proyeksi Piala AFF 2008 masih sepi. Dari 22 pemain yang dipanggil oleh Badan Tim Nasioanal (BTN), baru dua yang terlihat pada sesi latihan ringan di ruangan fitnes Hotel Aston, Rasuna, Kuningan, Jakarta Selatan (Jaksel), 3 November 2008.

Kedua pemain tersebut adalah striker Persiba Balikpapan, Talaohu Abdulmushafry dan kiper Pelita Jaya, Dian Agus Prasetyo. Sedangkan gelandang PSMS Medan, Elie Aiboy yang kabarnya sudah merapat ke Jakarta belum tampak saat timnas latihan. 

Menurut asisten pelatih Timnas, Widodo Cahyono Putro, Mushafry menjadi pemain yang pertama bergabung. Sejak sepekan lalu, Mushafry bahkan sudah berada di Jakarta.

”Ini merupakan kesempatan pertama dia bergabung dengan timnas. Jadi dia tidak mau telat bergabung,” ujar Widodo.

Ditambahkan Widodo, pemain-pemain yang dipanggil kemungkinan akan datang dalam beberapa gelombang. Setelah Dian dan Mushafry, malam ini rencananya rombongan Persija Jakarta akan datang. Sedangkan pemain lainnya baru tiba keesokan harinya, juga dalam beberapa gelombang.

Minimnya pemain yang hadir memaksa pelatih Benny Dollo untuk menunda latihan di lapangan. Pemain hanya diberikan menu kebugaran di ruangan fitnes Hotel Aston. Pemain baru menjalani latihan di Lapangan Timnas, Senayan, Jakarta, besok pagi dan sore hari.

Fokus Strategi dan Taktik

Minimnya pemain yang hadir pada latihan perdana timnas bukan kejadian baru. Pada persiapan sebelumnya, pemain juga kerap terlambat memenuhi panggilan BTN. Skuad Merah Putih biasanya baru lengkap pada dua atau tiga hari setelah latihan perdana.

Kondisi ini tentu mengganggu persiapan timnas. Apalagi, sebelum tampil di Piala AFF, Desember 2008, timnas harus tampil pada turnamen Grand Royal Challenge yang digelar di Myanmar, 13-21 November 2008. Timnas bahkan sudah berangkat, Minggu, 9 November 2008.

Minimnya waktu latihan diperparah tingkat kelelahan pemain yang cukup tinggi. Maklum, Ponaryo Astaman cs baru saja menjalani padatnya kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) 2008.

”Saya tak mungkin memberikan mereka menu latihan yang berat. Sebelum berangkat ke Myanmar, saya hanya fokus pada strategi dan taktik, serta eksekusi set piece (bola mati),” kata Benny di sela-sela latihan tadi.

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten
Penumpang bus dari terminal Batoh, Banda Aceh. VIVA/Dani Randi

Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024

Pergerakan arus mudik hari raya Idul Fitri Tahun 2024 di Provinsi Aceh diprediksi mengalami peningkatan dibanding tahun lalu.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024