Imbal Hasil SUN Sudah Turun 3%

VIVAnews - Imbal hasil surat utang negara berjangka 10 tahun mengalami penurunan signifikan.

"Yang 10 tahun (yield) masih sekitar 16-17 persen, sudah turun 300 basis poin," kata Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Departemen Keuangan Rahmat Waluyanto di Jakarta, Selasa 4 November 2008.

Meski begitu, Rahmat menilai kondisi pasar SUN masih baik karena banyaknya sentimen positif, seperti inflasi yang mulai melandai. Data inflasi Oktober 2008 yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik menunjukkan angka 0,45 persen. Jauh dibawah besaran inflasi September 2008 di level 0,97 persen.

Selain itu rentang antara suku bunga acuan The Fed yang kini sebesar 1 persen dan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate) yang tercatat 9,5 persen semakin melebar. "Kemudian 10 langkah yang diumumkan pemerintah untuk pengatasi krisis itu sangat kredibel," kata Rahmat.

Sementara soal rencana pembelian kembali SUN dan sukuk, Rahmat mengatakan belum ada keputusan dari pemerintah. "Kita lihat nanti timing yang tepat," ujar dia.

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'
Ilustrasi harga tiket pesawat pendorong inflasi.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Anggota Komisi VI DPR RI yang juga Wakil Ketua Umum Indonesia Congress and Convention Association (INCCA) Evita Nursanty menolak rencana pemungutan iuran dana pariwisata.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024