Kasus Orang Hilang Harus Dituntaskan

VIVAnews - Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) mendesak Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Andi Mattalatta, untuk segera menyelesaikan kasus korban hilang.

"Kami berharap Menteri dapat mendorong Panitia Khusus Orang Hilang di DPR," kata Wakil Koordinator Kontras Indria Fernida, di Jakarta, Selasa 4 November 2008.
 
Kontras bersama orang tua korban orang hilang menemui Menteri guna menyampaikan perkembangan beberapa kasus pelanggaran hak asasi manusia, sore  tadi. DPR, kata Indriya, belum lama ini membentuk Panitia Khusus untuk orang hilang. "Tapi DPR itu kebanyakan putusannya pada tingkat politis," kata dia. Hal ini dapat mengganggu penyelesaian kasus orang hilang.
 
Indria menambahkan, pertemuannya dengan Menteri belum memuaskan. Menteri, kata dia, menganjurkan untuk mencoba kembali pada mekanisme hukum melalui Kejaksaan Agung.
 
Ditemui terpisah Direktur Jenderal HAM Harkristuti Harkrisnowo mengakui Departemen Hukum dan HAM sulit untuk melakukan terobosan hukum. "Landasan hukumnya apa, mekanismenya bagaimana," kata dia.
 
Depertemen, kata dia, masih berpegangan pada Undang-Undang Perlindungan Saksi dan Korban. "Proses hukumnya saja tidak menemukan pelakunya," kata Harkristuti. Terkait kompensasi restitusi, dia melanjutkan, Departemen belum bisa melaksanakannya. "Bisa dilakukan jika ada salinan putusan Mahkamah Agung," jelas dia. Masalahnya, ujar Harkristuti, putusan Mahkamah Agung saja tidak menyatakan pihak yang dituduh itu sebagai pelakunya.
 

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024