Warga AS di Bali Sambut Kemenangan Obama

VIVAnews - Kemeriahan penyelenggaraan pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) ternyata juga terasa di Bali. Hari ini, Rabu, 5 November 2008, para warga Amerika Serikat yang tinggal di Bali ikut serta memeriahkan pemilihan presiden di negaranya melalui pesta bertajuk ”November US Election Coverage Party”.

Tempat hiburan Sector Bar and Restaurant, Inna grand Bali Beach Hotel, Sanur itu pun disulap menjadi layaknya tempat pemungutan suara lengkap dengan gambar Obama dan McCain lengkap dengan atribut bendera AS. Ada juga badut-badut berkaki panjang yang cukup menghibur mereka.

Pesta yang berlangsung sejak pagi ini warga AS dapat langsung meyaksikan pilpres AS yang disiarkan stasiun televisi CNN secara langsung melalui sebuah televisi flat raksasa.

Tepuk tangan dan teriak kemenangan sesekali meramaikan suasana, ketika jagoan mereka dinyatakan unggul di salah satu negara bagian. Tak kalah seru dengan suasana nonton bareng pertandingan sepakbola.
 
Atribut pilpres AS juga meramaikan suasana. Sebuah bendera AS terpasang di samping layar televisi. Para pelayan restaurant juga berkostum ala AS. Sejumlah atribut kedua pasang kandidat, Obama-Biden dan Mc Cain-Palin juga terpasang di beberapa sudut ruangan.

Menariknya, sebagian besar pernak-pernik yang dijual merupakan pernak-pernik pasangan kandidat Obama-Biden. Sementara pasangan kandidat pesaing Obama, yakni Mccain-Palin hanya muncul dalam pernak pernik berupa pin. Menurut panitia, hal ini sengaja dilakukan lantaran semua yang hadir pendukung Obama.

Salah seorang warga AS pendukung Obama, Roger Kalhoefer, mengaku optimis kalau kandidat pilihannya akan menang. Pria yang sudah lima tahun tinggal di Bali itu menegaskan, kemenangan Obama akan menjadi sejarah tersendiri bagi perkembangan politik Amerika Serikat karena Obama akan menjadi orang kulit hitam pertama yang memimpin AS. "Its very special day. I think Obama winning the election," tegasnya.

Vice Consul American Consulate General di Surabaya, R. Chris Santoro menegaskan pesta pemilihan presiden AS digelar agar kemeriahan pilpres di AS juga dirasakan oleh masyarakat AS yang tinggal di Bali. "We just want people who come here to see how the process of the election works in America," kata Chris.

Jelang Pemilu Indonesia pada 2009 mendatang, Chris berharap masyarakat Indonesia bisa sedikit belajar dari proses demokrasi di Amerika Serikat.

Laporan: Wima Saraswatu/Bali

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023
Persib Bandung vs Bhayangkara FC

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Persib Bandung berbagi poin dengan Bhayangkara FC dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024