Alergi di usia dewasa

Tanya:

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Sebulan lalu, saya menyantap hidangan seafood di suatu acara. Tidak berapa lama setelah makan, kulit saya merasa gatal-gatal dan memerah. Kata teman-teman, saya mengalami alergi makanan laut. Saya tidah percaya, sebab saya belum pernah mengalami kondisi ini.

Namun, ternyata seminggu lalu, saya mengonsumsi udang bakar. Dan, ternyata kulit saya kembali gatal-gatal dan memerah. Kondisi itu berlangsung beberapa hari. Yang ingin saya tanyakan, selama 25 tahun saya tidak pernah mengalami alergi seafood, mengapa baru terjadi sekarang?

Firxx@yahoo.com

Jawab:

Alergi terhadap makanan seafood memang biasanya timbul pada usia dewasa. Sebenarnya reaksi alergi ini sudah berjalan sejak lama, hanya prosesnya lambat. Reaksi alergi juga bisa timbul bila kita memakan udang atau makanan laut lain yang hidup di air yang mengandung zat toksik/beracun. Ini berarti alergi timbul terhadap zat beracun yang berasal dari air tersebut.

Reaksi alergi dapat sangat membahayakan hingga mengancam nyawa pada paparan selanjutnya. Jadi, sebaiknya hindarilah menyantap makanan yang membuat alergi. Bila alergi terhadap udang, sebaiknya juga menghindari kepiting,lobster,kerang.

Golkar Terbuka Jika Jokowi-Gibran Mau Gabung: Amin, Kami Anggap Doa
Tangkapan layar anggota KPU RI Idham Holik saat rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2024.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

KPU mengeklaim bahwa lembaganya sudah menjalin komunikasi secara pribadi kepada liaison officer atau naradamping pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024