Eksekusi Mati Amrozi Cs

Pekerja Lokal Dilarang Masuk Nusakambangan

VIVAnews - Pulau Nusakambangan semakin steril dari masyarakat umum. Hanya pekerja Lembaga Pemasyarakatan di pulau itu yang diperkenankan menyeberang.

Puluhan pekerja proyek Pulau Nusakambangan tertahan di Pelabuhan Wijayapura, Cilacap, Jawa Tengah. Mereka dilarang menyeberang pada pagi ini, Kamis 6  November 2008.

Dengan demikian, otomatis seluruh proyek yang berada di kawasan Pulau Nusakambangan seperti penambangan batu kapur Holcim dihentikan. Bahkan, Kapal Pengayoman II dan sejumlah kapal kayu yang biasa mengangkut para pekerja proyek itu dilarang beroperasi.

Tumpon, salah seorang pekerja proyek bangunan di Pulau Nusakambangan pun langsung pulang ke rumah saat dihalangi petugas menaiki Kapal Pengayoman II. "Saya baru tahu sekarang dari para petugas pelabuhan. Tidak ada pemberitahuan dari kantor," ujarnya kepada VIVAnews.

Belum diketahui pasti penyebab penghentian sejumlah proyek ini. Dugaan kuat, hal ini dilakukan terkait semakin dekatnya waktu eksekusi terpidana mati kasus bom Bali Amrozi, Imam Samudra, dan Ali Gufron.

Semalam, 5 November 2008, dua jaksa eksekutor dan polisi menggelar rapat tertutup di kediaman dinas Kepala Lembaga Pemasyarakatan Batu Nusakambangan Sudijanto. Sejumlah sumber mengatakan, jika semalam eksekusi batal dilaksanakan, diduga kuat esksekusi mati akan dilaksanakan malam nanti.

Aksi Amrozi cs dalam peledakan bom Bali 12 Oktober 2002 di Paddy's Pub dan Sari Club menewaskan sedikitnya 202 orang dan melukai lebih dari 300 wisatawan. Dari total korban tewas, 88 orang adalah wisatawan asal Australia.

Kemenpan-RB Siapkan 200 Ribu Formasi Calon ASN untuk Ditempatkan di IKN
Jumpa pres Kick OFF Pilkada Serentak 2024, di Grandhika Hotel Medan, beberapa waktu lalu.(B.S.Putra/VIVA)

PKS Siapkan Kader Terbaik di Pilkada Sumatera Utara, Siapa Orangnya?

Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera atau PKS, Sumatera Utara, sedang mempersiapkan kader terbaik mereka di internal untuk diusung pada Pilkada Serentak 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024