Krisis Belum Sentuh Industri Logistik

VIVAnews - Perkembangan industri logistik belum terimbas krisis global. Kontrak industri logistik dengan rekanan yang bersifat jangka panjang membuat industri kebal.

"Umumnya, kontrak berumur 3-5, hingga 10 tahun," kata Country IT Manager PT Ceva Logistik Indonesia Subhan Novianda Mani di sela-sela Media Workshop di Jakarta, Kamis 6 November 2008.

Menurutnya, sifat kontrak tersebut membantu industri logistik tidak kehilangan klien saat itu juga. Namun, Subhan mengakui, ada pengaruh krisis global, tapi tidak secara langsung. "Mungkin baru terasa pada tahun depan, karena klien bisnis mulai hati-hati mengeluarkan biaya," tambahnya.

Untuk mengantisipasinya, Solution Manager PT Ceva Logistik Indonesia Clara Benarto menilai perusahaan logistik atau manajemen rantai suplai perlu secara proaktif mendekatkan diri pada klien. "Itu yang akan kami lakukan, akhir tahun duduk bersama dengan klien dan membicarakan proyeksi tahun depan," katanya.

Selain itu, kata Clara, berkurangnya belanja global dan pengetatan impor membuat volume transaksi impor turun drastis. "Saya tidak bisa sebutkan angka," katanya. 

Namun, menurut Subhan, kondisi akan memulih setelah 3-4 kuartal ke depan. "Tentunya Ceva akan perkuat pada kontrak logistik dan berharap pada kepimpinan Obama di Amerika," tambahnya.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024