Saksi: Operasi Intelijen Bunuh Munir

VIVAnews - Motif kasus dugaan pembunuhan aktivis Hak Asasi Manusia Munir makin terkuak di pengadilan. Pembunuhan suami Suciwati itu ternyata termasuk ke dalam operasi intelijen.

"Berdasarkan fakta yang ada, pembunuhan Munir adalah kegiatan intelijen," sebut saksi mantan anggota Badan Intelijen Negara Budi Santoso, yang tertuang dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP). BAP tersebut dibacakan tim jaksa di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis, 6 November 2008.

BAP yang dibacakan jaksa itu berdasarkan pemeriksaan Budi Santoso pada tanggal 27 Maret 2008. Budi pun menguraikan empat fakta yang mengarahkan pembunuhan Munir adalah bagian dari kegiatan intelijen.

"Adanya surat rekomendasi dari BIN ke Garuda tentang penugasan Pollycarpus (pilot senior Garuda)," tulis Budi. Fakta kedua, pemberian uang dari Muchdi (mantan Deputi V BIN) kepada Pollycarpus.
 
Fakta ketiga, lanjut Budi, Pollycarpus ternyata merupakan agen jejaring Muchdi. Terakhir, Budi melaporkan bahwa ada pertemuan antara Pollycarpus dengan Muchdi. "Penjelasan fakta pertama, yakni surat rekomendasi personel untuk pengamanan internal," ujar Budi dalam BAP-nya.

Guru dan IRT Jadi Korban Pinjol Ilegal Terbanyak, OJK: Cek Legalitas dan Logis Sebelum Pinjam
Sistem Tata Surya.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

 NASA telah mengumumkan keberadaan lebih dari 5.000 planet di luar Tata Surya kita, secara tepatnya 5.005 planet, yang sekarang tercatat dalam arsip eksoplanet mereka.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024