Murid-murid Sekolah Ditembaki, Sepuluh Tewas

VIVAnews – Seorang pria melancarkan tembakan bertubi-tubi di sebuah sekolah menengah kejuruan di Finlandia, Selasa, 23 September 2008. Akibatnya, sepuluh murid tewas. Pelaku kemudian bunuh diri dengan menembak kepalanya.

Saksi mengatakan kepanikan mencuat saat seorang lelaki bersenjata memasuki ruang-ruang kelas di Kauhajoki School of Hospitality. Kauhajoki terletak sekitar 280 kilometer barat laut ibu kota Finlandia, Helsinki. Saat itu sekitar 150 siswa sedang melaksanakan ujian.

“Saya mendengar belasan suara tembakan beruntun. Dengan kata lain pistol yang digunakan pelaku adalah pistol otomatis,” ungkap Jukka Forsberg, penjaga sekolah. “Saya melihat beberapa murid perempuan menjerit dan mengerang kesakitan. Beberapa dari mereka berusaha lari lewat pintu belakang,” lanjut Forsberg kepada stasiun radio YLE.

Pelaku bernama Matti Juhani Saari, berusia 22 tahun. Dulu dia adalah murid sekolah tersebut. Demikian ungkap polisi seperti dikutip tabloid Ilta-Sanomat.

“Kita mengalami hari yang tragis,” kata Perdana Menteri Finlandia, Matti Vanhanen saat menyatakan bela sungkawa kepada keluarga korban. Vanhanen juga menetapkan hari ini sebagai hari berkabung.

Menteri Dalam Negeri Finlandia, Anne Holmlund mengatakan bahwa sehari sebelum penembakan, polisi sudah menginterogasi Saari berkaitan dengan video yang dipasang Saari di situs YouTube. Pejabat berwenang Finlandia tidak menyebutkan secara jelas kaitan antara klip yang dipasang di YouTube dengan peristiwa penembakan. Namun, salah satu klip menayangkan adegan seorang pria muda berjaket kulit menembaki sebuah sasaran menggunakan pistol.

Video tersebut dikirim ke situs internet “YouTube” lima hari sebelum peristiwa penembakan terjadi. Lokasi dalam video disinyalir adalah Kauhajoki. Sebuah pesan menyertai video. Pesan berbunyi, “Hidup adalah perang dan hidup adalah sakit hati, dan kamu akan berjuang sendirian dalam perang milikmu sendiri.”

Orang yang mengirim video menyebut dirinya “Mr. Saari”, berusia 22 tahun. Dia juga memasang tiga klip lain yang juga menayangkan adegan penembakan tiga pekan sebelumnya. Klip favorit yang ikut ditampilkan adalah klip mengenai peristiwa penembakan tahun 1999 di sekolah Colombine di Colorado, Amerika Serikat (AS), yang menewaskan 12 murid dan seorang pengajar.

Penembakan tersebut adalah insiden yang kedua terjadi di Finlandia dalam sepuluh bulan terakhir. Pada November 2007 terjadi penembakan oleh seorang pria berusia 18 tahun yang menewaskan enam siswa, seorang perawat sekolah, dan kepala sekolah. Pelaku juga bunuh diri dengan menembak kepalanya. 

Bersama dengan Amerika Serikat dan Yaman, Finlandia merupakan negara yang mengizinkan warganya punya senjata api. (ap)

Wanita Open BO di Dermaga Pulau Pari Dilaporkan Hilang Sebelum Ditemukan Tewas
Kerangka manusia ditemukan di lereng Gunung Slamet.

Penemuan Kerangka Manusia Pakai Sarung dan Peci Bikin Geger Pendaki Gunung Slamet

Sesosok mayat yang sudah menjadi kerangka manusia di Pos 3, jalur pendakian Gunung Slamet masuk wilayah Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024