Playboy Hadapi Masalah Finansial

VIVAnews - Kepopuleran brand Playboy tak sebanding jumlah pembacanya. Majalah yang sempat bikin heboh Indonesia ini sedang menghadapi masalah finansial. Pendapatan iklannya menurun.

Saham perusahaan milik Hugh Hefner ini merosot hingga 27 persen. Penerimaan kuartal ketiga turun hingga 15 persen menjadi US$70,4 juta AS.

VIVAnews kutip dari Reuters, Jumat 7 November 2008, penyebab kerugian itu sebagian disebabkan karena keputusan Playboy menjual aset-aset berharga studio televisinya.

Selain majalah, bisnis yang paling dijagokan Playboy adalah unit lisensinya. Dengan unit lisensinya tersebut, Playboy berhak menerima keuntungan dari penempatan ikon Playboy yang bergambar logo kelinci mulai dari kaus hingga liontin berlian.

Pertumbuhan penjualan divisi Playboy juga tak kalah lambatnya. Kenaikan pendapatan hanya 5 persen. Sementara, penerimaan produk konsumen meningkat 7 persen, jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Playboy buka suara perihal kerugian yang dideranya. Total kerugian bersih yang mereka alami sebesar US$ 5,2 juta AS di akhir kuartal, pada 30 September, setelah penerimaan sebesar US$ 6,3 juta.

Di bulan Oktober, Playboy mengumumkan, perusahaannya akan menutup bisnis DVD-nya. Hal itu merupakan langkah demi menyelamatkan US$12 juta AS dalam setahun. Langkah tersebut mengorbankan 80 tenaga kerja.

"Kami senang dapat mengembalikan perusahaan pada keuntungan, meskipun tidak termasuk biaya ongkos dan cadangan, tapi kami dapat melakukan lebih baik lagi," Christie Hefner, Pimpinan Eksekutif Playboy. Ia pun menambahkan, Playboy fokus pada bisnis lisensi yang dapat menghasilkan pertumbuhan keuntungan tahun depan.

Playboy merugi hingga US$1,3 juta AS untuk bisnis penerbitannya. Sementara, penerimaan jatuh hingga 6 persen menjadi US$21,8 juta AS. Penerimaan iklan juga diramalkan merosot hingga 17 persen pada kuartal ke empat, dibandingkan penerimaan tahun sebelumnya.

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur
Game MMORPG Tarisland.

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia

Nimo secara khusus mengundang game MMORPG Tarisland yang sangat dinantikan-nantikan. Para tamu yang diundang, di antaranya streamer Depinaa dari Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024