Bocah Makan Batu Bata

Perilaku Aneh Tidak Terkait dengan Talasemia

VIVAnews - Perilaku Ilham Nasir Firmansyah yang gemar memakan batu bata, dinilai sebagai kebiasaan aneh. Namun kebiasaan ini tidak ada hubungannya dengan penyakit talasemia yang pernah diidapnya.

Menurut dokter spesialis anak Rumah Sakit Gandaria, Jakarta, dr Rosalina D Roeslani menuturkan, penyakit talasemia dan perilaku menyimpang Ilham merupakan dua penyakit yang berbeda.

Talasemia adalah penyakit kekurangan hemoglobin dalam sel darah merah. Anak-anak yang mengidap penyakit ini akan mudah letih, sesak nafas, bahkan yang paling parah adalah kecacatan tulang.

Sementara perilaku menyimpang Ilhan yang sering memakan batu bata disebut "PICA", yaitu tentang perilaku menyimpang terhadap anak-anak. Jika ini terjadi pada anak usia di atas dua tahun perlu diwaspadai, dan perlu dikonsultasikan dengan dokter psikolog anak.

Kepada VIVAnews, Rosalina mengatakan, penyimpangan terhadap Ilham harus segera ditangani. Karena dari batu bata yang dimakannya takut mengandung parasit.

Ada salah satu yang terpenting dalam kasus ini, adalah salah asuh orang tua, karena membiarkan anaknya memakan makanan yang tidak semestinya.

Jalan Salib Kolosal di Ruteng Ikut Dijaga Remaja Muslim, Ribuan Orang Menyaksikan
[dok. KoinWorks]

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

KoinWorks, menjalin kemitraan strategis dengan PT Indonesia Distribution Hub alias IDH.ID, guna memberikan kemudahan pembayaran melalui layanan Pay Later

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024