Indeks Saham di Bursa-Bursa Asia Naik

VIVAnews - Setelah sempat melemah di awal perdagangan, indeks harga saham di bursa-bursa Asia kembali naik pada penutupan perdagangan Jumat sore, 7 November 2008. Sayangnya, indeks saham Nikkei di bursa Tokyo Jepang tetap tergelincir seperti awal perdagangan pagi tadi.

Indeks saham KOSPI di Seoul, Korea Selatan, ditutup menguat 3,9 persen setelah sempat turun 4,9 persen. Kenaikan terjadi setelah Bank Sentral Korea memangkas tingkat suku bunga 0,25 persen. Itu merupakan kali ketiga Bank Sentral Korea memangkas suku bunga dalam kurun waktu kurang dari satu bulan demi menyelamatkan sektor keuangan dari badai krisis keuangan global. Langkah tersebut mengikuti pemangkasan suku bunga yang kembali dilakukan Bank Sentral Eropa dan Bank Sentral Inggris
 
Di lain pihak, indeks saham Hang Seng di Hong Kong juga naik, kali ini 1,4 persen, ke level 13.975,83 jelang penutupan sesi Jumat sore waktu setempat. Begitu pula indeks saham di bursa Taipei, Taiwan, naik 1 persen. Menurut kalangan pengamat, naiknya indeks di ketiga bursa saham tersebut dipicu oleh pembelian besar-besaran saham-saham yang sudah dijual murah.  

Sayangnya, indeks saham Nikkei di Bursa Tokyo, Jepang tetap melempem saat ditutup di level 8.583, yang berarti turun 316,14 poin atau 3,6 persen. Pemicunya sebagian besar karena kekhawatiran investor mendengar laporan bahwa produsen otomotif terkemuka, Toyota, memangkas proyeksi pendapatan tahunan sebanyak sepertiga dari yang diperkirakan tahun lalu. Imbasnya, saham Toyota turun 9,2 persen. (AP)
 

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya
Aksi panggung Reza Artamevia dalam Soul Intimate Concert 2.0

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Dewa 19, Reza Artamevia dan Maliq & D'Essentials hibur penonton dengan deretan hits ngetop di panggung Soul Intimate Concert 2.0.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024