Tender Surat Suara Rp 1,2 Triliun Dibuka

VIVAnews - Dua puluh satu perusahaan telah melamar sebagai pelaksana tender surat suara Pemilu 2009 yang bernilai Rp 1,2 triliun. Pendaftaran resmi dibuka hari ini sampai 17 November 2008.

Surat Suara yang dibutuhkan 10 paket pekerjaan, masing-masing nilainya Rp 75 sampai Rp 120 miliar. Pagu anggaran Rp 1,2 triliun. Selain surat suara, juga ada tender 10 paket formulir C dan D  dengan nilai proyek Rp 10 miliar sampai Rp 15 miliar.

Tender berikutnya untuk pengadaan pengumuman daftar calon tetap (DCT) Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah untuk dipasang di tempat-tempat pemungutan suara, dengan nilai proyek senilai Rp 4,5 miliar. Kemudian, pengadaan 4 paket tinta sidik jari dengan pagu anggara Rp 37,7 miliar.

Menurut Kepala Bagian Pengadaan Sarana dan Prasarana KPU, Sutjitno, sebagian dari 21 perusahaan yang mendaftarkan diri untuk menjadi rekanan pengadaan surat suara adalah Republika, Temprina, dan Aneka Ilmu. Untuk tinta, 4 perusahaan sudah mengajukan diri sebagai penyedia dan tender form C dan D sebanyak 18 perusahaan.

Setelah mendaftarkan perusahaan, para pelamar ini wajib memasukkan dokumen perusahaan antara 11-18 November 2008. "Setelah dokumen perusahaan masuk, panitia menilai prakualifikasi. Nanti akan diumumkan, namun waktunya belum ditentukan," kata Sutjitno.

Hanya perusahaan yang lolos prakualifikasi yang bisa memasukkan penawaran. Setelah itu ada survei verifikasi faktual kelaikan perusahaan. "Misalnya tinta sidik jari, perlu sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia. Perusahaan-perusahaan itu didatangi, lalu dibawa sampelnya ke laboratorium, lalu diuji," jelasnya.

Untuk proses lelang ini, panitia lelang memakai tenaga ahli untuk mendampingi panitia pengadaan logistik. Tenaga ahli berjumlah 10 orang yang terdiri dari tim ahli teknologi informasi dari Institut Teknologi Bandung dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, dua orang ahli percetakan, satu ahli distribusi, satu ahli tinta sidik jari, dua ahli pengadaan barang dan jasa, dan satu ahli hukum.

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya
Ammar Zoni

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Ammar Zoni memahami bahwa bulan Ramadhan adalah saat yang istimewa. Ammar mengaku akan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024