Anjing Apa yang Akan Dipilih Obama?

VIVAnews - Kemenangan Barack Obama sebagai presiden terpilih AS, diikuti dengan segala persiapan menjelang masuknya Obama dan keluarga ke Gedung Putih. Selain keluarga, hal terpenting lainnya adalah anjing keluarga presiden.

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

“Kami punya dua kriteria yang harus dipilih. Satu, Malia itu alergi, jadi harus anjing hypoallergenic. Tapi di sisi lain kami lebih suka anjing penjaga, tapi kebanyakan anjing penjaga adalah ras campuran, seperti saya, “kata Obama, seperti dilansir AP Sabtu 8 November 2008, atau Minggu WIB.

Keberadaan anjing di Gedung Putih selalu menjadi perhatian, bahkan ada bagian khusus di situs Gedung Putih (whitehouse.gov) mengenai anjing milik sang presiden. Berita terakhir, anjing jenis Scottie, milik Presiden George W.Bush, Barney menggigit wartawan Reuters yang biasa meliput di Gedung Putih hingga berdarah.

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Menurut Stephen Zawistowski, Presiden Masyarakat Amerika untuk Pencegahan Kekerasan Binatang, mengatakan tak ada anjing keturunan yang benar-benar bebas alergi. Meskipun beberapa jenis cenderung lebih menyebabkan sedikit masalah, kebanyakan tidak berbulu lebat dan bulunya perlu dicukur secara teratur, atau jenis yang lebih jarang berganti bulu.

Jenis anjing yang jarang berganti bulu termasuk pudel, bichon frise, anjing air Portugis dan Malta, tetapi anjing-anjing jenis ini butuh perawatan professional yang mahal. Jenis lain yang cenderung berbulu sedikit adalah Schnauzers, Westies (terries putih dari pegunungan barat ) dan terrier dari Skotlandia.

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Barus Kasus Korupsi Timah

Zawistowski menjelaskan anjing jenis persilangan seperti goldendoodle juga tak memiliki jaket bulu, tapi campuran yang acak seperti pudel juga cenderung memiliki jaket bulu.

Keluarga Obama bisa mengadopsi jenis dari keduanya, anjing penjaga atau anjing keturunan yang khusus diternakkan. Gary Weitzman, Direktur Washington Animal Rescue League, mengatakan saat ini sekitar seperempat dari 250 anjing di penampungan mereka adalah jenis keturunan asli.

Anjing yang ideal untuk di Gedung Putih harus jenis yang ramah terhadap anak-anak dan pengunjung. Satu keuntungan dari mengadopsi anjing dewasa adalah kepribadiannya telah dilatih dengan baik dan temperamennya telah teruji, dan bisa membantu dalam pemilihan jenis anjing yang cocok untuk lingkungan di Gedung Putih.

“Bila anak-anak Obama berkeras ingin anak anjing, maka akan lebih sulit diprediksikan. Kebanyakan jenis anjing yang dibesarkan bersama anak-anak akan berlaku baik.

Stanley Coren,psikolog yang menulis serangkaian buku best seller soal anjing, merekomendasikan anjing jenis  pemburu kecil, anjing pemburu spaniel, golden retriever, labrador retriever dan pudel untuk keluarga Obama. Tapi apapun jenis anjing yang dipilih, anak anjing akan memerlukan sosialisasi yang intensif.

“Mulailah memperkenalkan anak anjing baru itu untuk terbiasa dengan situasi di sekitar, “ kata Zawistowski. Termasuk anak-anak, tapi anjing bisa takut terhadap apapun, laki-laki berkumis, orang-orang yang bertopi, bila anjing-anjing ini tak terbiasa.

“Para pengawal agen rahasia itu terlihat menakutkan meskipun hanya terlihat di televisi. Anjing baru akan menjadi pilihan yang berani, terutama bila membuatnya menjadi pusat perhatian. Tapi itu bermanfaat, dan lebih dari sekedar untuk anak-anak," katanya lagi.

“Saya ingin melihat Presiden Obama memiliki seekor anjing, “kata Zawistowski.”Bila dia sedang mengalami hari yang buruk, tak ada yang lebih baik selain berjalan-jalan dengan anjing dan berkata, “hey keadaan tak seburuk itu kan ?” (AP)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya