Wajah Baru Gedung Putih

Pemerintahan Interaktif ala Obama

VIVAnews - Bersiaplah untuk Gedung Putih 2.0. Itulah yang diharapkan dengan terpilihnya Barack Obama menjadi Presiden baru AS. Obama yang akan dilantik Januari mendatang, diharapkan akan menggunakan internet lebih dari yang tak pernah terjadi sebelumnya, dalam operasional kerja di Ruang Oval.

Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme

Kemenangan Obama atas McCain menuju Gedung Putih ditunjang banyak oleh peranan internet, dari mulai mengorganisir sukarelawan hingga menggalang dana, dan berkomunikasi dengan pendukungnya.

Harapan sangat tinggi bahwa dengan kemenangan yang diraihnya, Obama sekali lagi akan menggunakan internet dalam menjalankan agendanya di Gedung Putih.

Sisterhood Modest Bazaar, Berburu Baju Lebaran Hingga Menu Berbuka

"Banyak orang yang berspekulasi, kata Julie Germany, Direktur Institut Politik, Demokrasi dan internet Universitas George Washington,“ seperti dikutip situs news.com.au Minggu 9 November 2008.

"Apakah pemerintahan Obama akan menggunakan sistem back end yang luas, database dan semua komunitas online yang telah terbangun, untuk secara aktual memobilisasi advokasi ?”

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Jawabannya bisa, sebagai contoh, email dan sms atau menelpon orang yang tinggal di distrik tertentu untuk meminta mereka melobi senator dan wakil kongres di parlemen, dalam beberapa isu yang menjadi perhatian pemerintahan Obama.

Micah Sifry, pendiri techpresident.com,  blog tentang politik dan situs internet, mengatakan  itu akan terjadi atau setidaknya dicoba.

"Dengan memberikan setiap orang perasaan bisa turut berperan, akan membuat warga lebih termotivasi untuk melakukan sesuatu dalam mendukung agenda wakil mereka di parlemen karena mereka merasa itu juga agenda mereka, “ kata Sifry.

Obama akan belajar, apakah berhasil atau gagal, tapi dia paham lebih banyak bermitra dengan pendukungnya, akan lebih banyak kekuatan yang dimilikinya,

Dalam email yang dikirimkan kepada jutaan pendukungnya pada malam pemilu, Obama mengucapkan terima kasih pada mereka yang telah memberikan waktu, bakat, dan semangat dalam kampanye mendukungnya.

Dan Obama menambahkan, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, dan Obama akan segera kembali dalam waktu dekat menghubungi pendukungnya.

Change.gov, situs resmi yang diluncurkan tim transisi Obama Kamis lalu, mengundang pengguna untuk berbagi cerita dan ide, dan menjadi bagian dari perubahan positif bagi negara AS.

Dibawah judul utama “Pemerintahan yang Terbuka”, change.gov mendorong pengguna untuk “berbagi visi” melalui email dan meminta mereka memberikan alamat email dan kode pos, elemen penting dalam membangun database online.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya