Bhakti Investama Buyback 44 Juta Saham

VIVAnews - PT Bhakti Investama Tbk (BHIT) telah membeli kembali (buyback) saham sebanyak 44,3 juta saham hingga transaksi Rabu, 5 November 2008. Pada transaksi tersebut, perseroan membeli kembali saham pada harga rata-rata Rp 210 per lembar dengan volume 191 ribu unit.

Direktur Bhakti Investama Darma Putra dalam keterbukaan informasi yang dipublikasikan Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin, 10 November 2008 mengatakan, jumlah maksimal pembelian kembali saham sebanyak 723,62 juta lembar atau 10 persen dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh.

Bertindak sebagai broker pembelian kembali saham itu adalah PT Bhakti Securities. Dengan transaksi tersebut, kini jumlah saham perseroan yang dapat dibeli kembali mencapai 679,32 juta unit.

Sebelumnya, hingga 4 November 2008, sebanyak 20 dari 26 emiten telah mengucurkan dana buyback saham sekitar Rp 822,72 miliar atau 7,1 persen dari total anggaran yang dialokasikan sebesar Rp 11,59 triliun.

Ke-26 emiten tersebut melaksanakan opsi buyback berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) Nomor XI.B.3 tentang Pembelian Kembali Saham yang Dikeluarkan oleh Emiten atau Perusahaan Publik dalam Kondisi Pasar yang Berpotensi Krisis.

Menanggapi realisasi penggunaan dana buyback tersebut, Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) Fuad Rahmany menegaskan, pihaknya tidak bisa mengintervensi pasar karena posisinya sebagai fasilitator dan regulator.

"Kalau mau tahu mengapa, silakan tanya ke Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara)," ujar dia di Jakarta, belum lama ini.

Data Bapepam-LK menunjukkan emiten yang banyak mengucurkan dana buyback berasal dari perusahaan BUMN. Sebanyak delapan dari 10 perusahaan pelat merah tersebut telah mengguyur bursa dengan dana segar hingga Rp 575,70 miliar atau 9,5 persen dari alokasi seluruh dana sebesar Rp 6,06 triliun.

Terungkap, Motif Pembunuhan Sadis Ibu dan Anak di Palembang
Babe Cabita

Sahabat Masih Bersaksi Soal Kebaikan Babe Cabita

Kehilangan Babe Cabita meninggalkan duka yang mendalam, terutama karena dia dikenal sebagai sosok yang selalu berbuat baik kepada orang lain.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024