Erman Suparno: Kecelakaan Kerja Naik 300%

VIVAnews - Hingga Oktober 2008, sebanyak 5.788 orang pekerja meninggal akibat kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Demikian data yang dikeluarkan Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Departemen itu mencatat kasus 36.986 kasus yang menyangkut kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Angka tersebut meningkat jauh dibandingkan data tahun sebelumnya yang hanya 1.451 pekerja meninggal dalam 65.474 kasus.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno mengatakan, angka kecelakaan kerja tersebut setara dengan 20 orang meninggal setiap harinya. "Peningkatan angka kecelakaan hampir 300 persen," ujar Erman dalam keterangan tertulisnya, Rabu 12 November 2008.

Laporan kegiatan pengawasan ketenagakerjaan 2007 menunjukkan tingkat pelanggaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tinggi. Penggunaan tenaga kerja asing, hal yang terkait jaminan sosial, serta pekerja perempuan dan anak, juga masih tinggi. Padahal, tahun lalu pemerintah mencanangkan revitalisasi Pengawasan ketenagakerjaan untuk mengurangi tingkat pelanggaran.

Departemen Tenaga Kerja menetapkan enam target, di antaranya menurunkan angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja minimal 50 persen, peningkatan kepesertaan jaminan sosial (Jamsostek) minimal 2 juta orang, pengurangan 10.000 anak yang terpaksa bekerja.

Pemerintah juga menurunkan 20 persen pelanggaran ketenagakerjaan, peningkatan efektivitas pengawasan di 122 kabupaten/kota, dan peningkatan peran serta masyarakat.

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur
Game MMORPG Tarisland.

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia

Nimo secara khusus mengundang game MMORPG Tarisland yang sangat dinantikan-nantikan. Para tamu yang diundang, di antaranya streamer Depinaa dari Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024