Pemilu 2009

15.000 Pemilih Terdaftar di Belanda

VIVAnews - Warga Indonesia di Belanda sudah siap mengikuti Pemilihan Umum 2009. Duta besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda, Junus Effendi Habibie, mengatakan seluruh persiapan mengenai pemilih sudah selesai dilakukan.

"Barangkali Belanda sudah paling siap, ada sekitar 15.000 pemilih dan semua sudah terdaftar," kata Habibie setelah mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima Menteri Perekonomian Belanda Maria JA van der Hoeven di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu, 12 November 2008.

Setelah proses pendataan selesai, Habibie menyatakan anggota-anggota panitia pemilihan luar negeri (PPLN) sudah dilantik. Kini, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Belanda tengah giat-giatnya menjaring pemilih-pemilih muda. Caranya, antara lain dengan menggelar pemutaran film-film Indonesia seperti Naga Bonar, Naga Bonar Jadi Dua, dan Ayat-ayat Cinta, di delapan kota di Belanda beberapa waktu lalu. Saat memperingati 100 tahun Kebangkitan Nasional, KBRI juga mengadakan konferensi bertema nasionalisme. Untuk diketahui, di Belanda terdapat sekitar 5.000 mahasiswa asal Indonesia.

Habibie mengatakan tidak banyak dana yang KBRI terima untuk melakukan sosialisasi pemilu. Namun dalam acara-acara yang diselenggarakan KBRI, Habibie mengatakan selalu ada pihak yang memberi bantuan dana. Habibie berharap tingkat partisipasi warga Indonesia di Belanda akan tinggi. "Saya sudah bilang harus datang semua," kata dia.

Awas Kehabisan! Pendaftaran Mudik Gratis Moda Bus Kembali Dibuka, Kuota 10.000 Orang
Ilustrasi proyek pembangunan.

Perkuat Ukhuwah, KEIND Ingin Berkontribusi Lebih untuk Negara

Lebih dari 200 pengurus pusat, pengurus daerah, pengurus luar negeri serta para Dewan KEIND hadir dalam silaturahmi nasional.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024