Penyelesaian Bumi Sesuai Aturan Pasar Modal

VIVAnews -  Penyelesaian transaksi penjualan saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) akan dituntaskan sesuai peraturan pasar modal. Pemerintah tidak akan mengintervensi transaksi itu.

"Tidak ada yang bisa dilakukan pemerintah. Semua sudah keputusan Bapepam," kata Menteri Negara BUMN Sofyan Djalil di Jakarta, Kamis, 13 November 2008.

Menurut dia, penanganan transaksi saham Bumi Resources dilakukan sama seperti saham lainnya. "Ini hanya masalah korporasi. Menurut Presiden harus diselesaikan sesuai peraturan yang ada," ujar dia.

Sofyan menjelaskan, semua informasi mengenai rencana transaksi pembelian 35 persen saham PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) di Bumi Resources sudah disampaikan kepada publik. Konsorsium Northstar Pacific Partners Limited saat ini juga sedang melakukan proses uji tuntas (due diligence).

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

"Penyelesaian sesuai aturan pasar modal saja. Tidak ada cara lain," lanjut dia.

Terkait kabar mundurnya PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk (PTBA) untuk ikut membeli saham Bumi, menurut Sofyan, Bukit Asam belum tentu mundur. Perseroan masih harus mengkaji kembali, karena BUMN wajib memenuhi persyaratan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG).

"Selain itu, mereka harus clean and clear. Jadi, PTBA belum tentu mundur," tegas dia.

Bila untuk investasi, lanjut dia, Bukit Asam dapat membeli saham Bumi melalui pasar. "Ini kan masalah kontrol. Bukan untuk investasi dalam waktu segera," kata dia.

Bukit Asam, tambah dia, juga sedang melakukan uji tuntas, sehingga dapat ikut membeli di pasar jika harga cocok. Apalagi, saat ini, BUMN itu sedang menyiapkan dana untuk pembelian kembali (buyback) saham. "Jadi kalau ingin investasi, mereka harus mempertimbangkan lagi," kata dia.

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024
Billy Syahputra

Dekat dengan Banyak Wanita, Billy Syahputra Gerah Sering Dijodohkan

Billy Syahputra mengaku sempat ‘gerah’ dengan komentar netizen yang selalu menjodoh-jodohkannya dengan wanita yang dekat dengannya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024