Pilkada Jawa Timur

Lembaga Survei Sebaiknya Berhati-hati

VIVAnews- Pengamat Politik Universitas Islam Negeri Bachtiar Effendy mengingatkan lembaga survei yang menyelenggarakan hitungan cepat atau quick count untuk berhati-hati melakukan proses penghitungan suara disetiap pemilihan kepala daerah.

Menurut Bachtiar Effendy, bila tidak hati-hati akan menimbulkan persoalan besar seperti yang terjadi di Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur putaran dua ini.

2 Mobil Harvey Moeis Disita Lagi, Kejagung Juga Usut soal Jet Pribadi

"Kedepan harus hati-hati, bila tidak bisa menimbulkan polemik," ujar Bachtiar pada acara Talk Show dengan tema 'Menerka Ujung Pilkada Jatim' di kantor DPD Jakarta, Jumat 14 November 2008.

Sebab menurutnya, kendati hanya menyebut angka dan tidak menyebut nama pemenang dalam pertarungan perebutan kursi pemimpin daerah ini, tetap saja mendorong pembentukan persepsi publik bahwa pemenangannya adalah kandidat yang memperoleh angka tertinggi.  

"Bukan hanya persepsi masyarakat saja yang terbentuk, tetapi juga persepsi si kandidat yang percaya 100% keakuratan lembaga-lembaga survei tersebut," paparnya.

Ibunda Angger Dimas Meninggal Dunia, Tamara Tyasmara Kenang Momen Kebersamaannya
Atalanta vs Liverpool

5 Fakta Menarik Atalanta Usai Pulangkan Liverpool di Liga Europa

Liverpool meraih kemenangan atas Atalanta dengan skor 1-0 dalam babak Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Gewiss pada Jumat dini hari tadi, 19 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024