Century Bisa Merger dengan Bank Sinar Mas


VIVAnews - PT Bank Century Tbk berpotensi untuk digabungkan dengan PT Bank Sinar Mas menyusul rencana akuisisi 70 persen saham Bank Century oleh PT Sinar Mas Multiartha Tbk.

"Jika jadi diakuisisi, maka Bank Century sangat mungkin digabung dengan Bank Sinar Mas," ujar Komisaris Bank Sinar Mas, Antonius Napitupulu kepada VIVAnews di Jakarta, Senin, 17 November 2008.

Alasannya, menurut dia, sesuai dengan peraturan kepemilikan tunggal bank yang ditetapkan oleh Bank Indonesia, pemegang saham pengendali yang memiliki lebih dari satu bank harus digabungkan atau dibentuk holding company.

Jika Century diakuisisi oleh Sinar Mas Multiartha, perusahaan induk Grup Sinar Mas untuk jasa keuangan, maka Bank Century akan menjadi anak usaha seperti halnya Bank Sinar Mas. Bank Sinar Mas adalah reinkarnasi dari Bank Shinta yang telah dibeli oleh sejak tiga tahun lalu oleh Grup Sinar Mas.

Pertimbangan lainnya, menurut Anton, industri jasa keuangan milik Grup Sinar dikenal cukup kuat secara bisnis. Anak-anak usaha jasa keuangan, seperti sekuritas, asuransi dan perbankan berada di bawah kendali Sinar Mas Multiartha sebagai perusahaan induk. "Dengan kekuatan bisnis seperti itu, potensi untuk akuisisi Bank Century cukup besar."

Bank Sinar Mas, menurut dia, kinerjanya malah melejit. Pada saat diakuisisi Sinar Mas tiga tahun lalu, aset bank ini hanya Rp 400 miliar. Namun, sekarang asetnya sudah melonjak menjadi Rp 4 triliun.

Jika Bank Century nantinya digabung dengan Sinar Mas, maka aset bank ini kian melesat. Saat ini, aset Bank Century sekitar Rp 15,2 triliun.

Pada Minggu, 16 November, Sinar Mas Multiartha akan mengakuisisi 70 persen saham milik PT Century Mega Investindo dan First Gulf Asia Holdings Ltd di Bank Century. Namun, mereka masih sebatas meneken letter of intent transaksi saham.

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen


Selanjutnya, proses akuisisi lainnya juga akan dipercepat, termasuk proses permohonan persetujuan dari pihak regulator terkait dan persetujuan para pemegang saham.

Bank Century nyaris limbung setelah pekan lalu terlambat menyetorkan prefund atau dana cadangan untuk mengantisipasi jika ada masalah mismatch dalam transaksi kliring. Karena terlambat setor dana itu, maka Bank Indonesia melarang Century mengikuti kliring.

Ilustrasi pria marah/emosi.

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Mengontrol emosi adalah kemampuan untuk mengatur, mengelola, dan mengekspresikan emosi secara sehat dan sesuai dengan situasi yang dihadapi.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024