Sinar Mas Terjunkan Tim ke Bank Century

VIVAnews - PT Sinar Mas Multiartha Tbk mulai menerjunkan tim ke PT Bank Century Tbk terkait dengan rencana akuisisi 70 persen saham bank tersebut.

"Hari ini, tim dari Sinar Mas sudah datang," ujar Wakil Presiden Direktur Bank Century, Hamidy kepada VIVAnews di Jakarta, Senin, 17 November 2008. Tim yang datang cukup lengkap, mungkin termasuk akuntan. "Saat ini, mereka sedang bertemu dengan manajemen Bank Century."

Selain mengirimkan tim untuk menindaklanjuti rencana akuisisi, menurut dia, Sinar Mas juga sudah mengirimkan surat kepada Bank Indonesia sebagai otoritas pengawas perbankan dan Badan Pengawas Pasar Modal.

Apakah akan menempatkan orang di posisi manajemen, Hamidy mengaku tidak tahu. "Kalau itu tanya ke Sinar Mas."

Rencananya, setelah melakukan penandatanganan letter of intent atas akuisisi 70 persen saham Bank Century, Sinar Mas akan melakukan uji tuntas terhadap kinerja bank beraset Rp 15,2 triliun tersebut. Hasil uji tuntas ini akan menjadi dasar perhitungan dan penentuan harga yang tepat untuk membeli 70 persen saham Bank Century.

Pada Minggu, 16 November, Bank Century meneken letter of intent dengan Sinar Mas Multiartha untuk akuisisi 70 persen saham. Selanjutnya, proses akuisisi lainnya juga akan dipercepat, termasuk proses permohonan persetujuan dari pihak regulator terkait dan persetujuan para pemegang saham.

Bank Century nyaris limbung setelah pekan lalu terlambat menyetorkan prefund atau dana cadangan untuk mengantisipasi jika ada masalah mismatch dalam transaksi kliring.

Karena itu, Bank Indonesia pun melarang Century mengikuti kliring. Untuk mengantisipasi imbas peristiwa ini, Bank Century mengajukan fasilitas pinjaman jangka pendek kepada Bank Indonesia, khususnya jika ada penarikan dana oleh nasabah.

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, saat memimpin pemusnahan 11 jenis komoditi impor ilegal dengan nilai pabean mencapai Rp 9,33 miliar, di wilayah Citereup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis, 28 Maret 2024.

Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak, Mendag Zulhas: Tunggu Tanggal Mainnya!

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan alias Zulhas mengatakan, pihaknya kembali menyelidiki kembali maraknya perdagangan pakaian bekas hasil impor.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024