Korupsi Minyak Zatapi

Tersangka Terkapar di Singapura

VIVAnews - Kepolisian RI sementara ini tidak dapat memeriksa salah satu tersangka kasus dugaan korupsi impor minyak Zatapi, Schiller M Napitupulu. Bos PT Gold Manor itu terkapar di sebuah rumah sakit Singapura.

Sebelumnya, Schiller tidak pernah memenuhi panggilan penyidikan Markas Besar Kepolisian RI dengan alasan sakit dalam kasus itu. Awalnya, Jose ingin membuat surat panggilan kedua. Tapi, ia memutuskan untuk mencek kebenaran alasan Schiller.

"Saya minta penyidik ada yang kesana untuk memeriksa. Ternyata benar, dia terkapar karena sakit jantung," jelas Direktur III Tindak Pidana Korupsi, Markas Besar Polri, Jose Rizal kepada wartawan, Senin 17 November 2008.

Saat penyidik ke sana, kata dia, tersangka sedang didampingi istrinya. Sebagai bukti, kata dia, penyidik kemudian memfoto tersangka. Dengan demikian, kata dia, rekanan PT Pertamina dalam impor minyak Zatapi itu belum dapat diperiksa dalam waktu dekat.

Dalam kasus itu, Mabes Polri telah menetapkan lima tersangka. Selain Schiller, empat tersangka lainnya adalah pejabat PT Pertamina yang berinisial BRHD, HP, CD dan SOFR. Kendati sudah melakukan  pencekalan, Polisi belum juga menahan kelimanya.

Kasus impor Zatapi ini pernah heboh dalam rapat dengar pendapat antara Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro dengan Komisi Energi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Februari 2008. Saat itu sejumlah anggota dewan mempersoalkan 600 ribu barel minyak Zatapi yang diimpor tahun 2007. Proyek impor ini dimenangi oleh PT Gold Manor Internasional.

Anggota dewan juga mendesak Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyelidiki kasus ini. Badan Pemeriksa Keuangan mulai bergerak awal tahun ini. Hasil pemeriksaan badan itu menyimpulkan bahwa terdapat potensi kerugian dalam impor Zatapi ini.

Kelima tersangka itu dikenakan pasal 2 atau pasal 3 Undang Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah menjadi Undang Undang Nomor 20 tahun 2001. Hingga kini, polisi masih menghitung potensi kerugian negara dalam kasus dugaan korupsi impor minyak mentah ini.

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach
Zodiak

Ramalan Zodiak Rabu 24 April 2024, Sagitarius: Hubungan dengan Kekasih Tidak Sehat Hari Ini

Ramalan zodiak Rabu, 24 April 2024. Aries, teman dekat akan berbagi rahasia. Sagitarius, hubungan dengan kekasih mungkin tidak sehat. Capricorn menghadapi krisis.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024