Cek Kesehatan, Jangan Tunggu Sakit

VIVAnews - Tes kesehatan organ reproduksi, paru-paru, hingga jantung memang perlu dilakukan secara teratur. Cara ini, selain bisa mendeteksi penyakit secara dini, juga dapat mencegah gangguan kesehatan mampir ke tubuh.

Sayangnya, ada beberapa bagian tubuh yang sering luput diperhatikan kesehatannya. Padahal, Stuart Fischer, M.D., ahli internis di New York, AS, mengungkapkanbagian tubuh seperti gigi, telinga, dan mata juga perlu cek kesehatan rutin. Sebab, dari gangguan kecil yang terjadi di bagian-bagian tubuh ini, juga bisa mempengaruhi kesehatan

Berikut ini beberapa jenis tes kesehatan pada bagian-bagian tubuh yang sering diabaikan kesehatannya.
   
Pemeriksaan mata
Fungsi mata yang baik diperlukan pada hampir setiap aktivitas yang dilakukan. Karena itu, pemeriksaan terhadap fungsi kedua organ penglihatan ini perlu rutin dilakukan. Selain tes terhadap ketajaman penglihatan (untuk menentukan perlu tidaknya Anda menggunakan kacamata), penting pula dilakukan pengukuran terhadap tekanan darah di dalam mata.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Terlebih bila telah terlihat kemunculan pembuluh darah di bagian putih mata. Sebab, munculnya bercak dan pembuluh darah di bagian putih mata dapat menjadi salah satu indikasi adanya penyakit tekanan darah tinggi atau glaukoma.
   
Tes bisa dilakukan di dokter mata, klinik, rumah sakit, atau tempat yang menyediakan jasa general check-up (pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh). Lakukan minimal 6 bulan sekali.
   
Pemeriksaan telinga
Organ pendengaran pun membutuhkan perhatian. Anda tak mau dibilang tuli padahal belum tua renta, bukan? Pemeriksaan terhadap kondisi telinga dilakukan dengan tes audiometri yang berguna untuk mendeteksi sensitivitas fungsi organ pendengaran.
   
Berkurangnya fungsi pendengaran dapat disebabkan oleh penyumbatan karena kotoran atau cairan pada rongga telinga, atau karena adanya kelainan pada organ di dalam telinga. Tes bisa dilakukan di dokter atau klinik THT dan di berbagai rumah sakit. Lakukan minimal 6 bulan sekali.
   
Pemeriksaan gigi dan mulut
Menjaga kesehatan gigi dan mulut amatlah penting, apalagi bila Anda berencana untuk hamil, atau sedang mengandung. Mengapa? Karena, rongga mulut bisa menjadi gerbang utama masuknya aneka bibit penyakit. Baik itu melalui minuman atau makanan yang Anda makan, bisa juga lewat ciuman  yang Anda lakukan bersama pasangan.

Infeksi pada gusi, akar gigi, atau rongga mulut dapat menjadi tempat maupun sumber penyebaran zat racun (toksin) ke seluruh tubuh sehingga bisa memengaruhi pertumbuhan bayi dalam kandungan.
   
Pada wanita yang tidak mengandung pun, kuman penyakit yang ada di gigi dan daerah tenggorokan juga dapat masuk melalui gigi yang berlubang atau jaringan di rongga mulut dan selanjutnya akan mengalir bersama darah ke seluruh tubuh hingga ke organ-organ penting, seperti jantung, ginjal, hati, dan lainnya.
   
Kuman penyakit ini bisa menimbulkan gangguan, bahkan kerusakan organ penting tubuh yang selanjutnya bisa mengancam keselamatan jiwa. Ambil contoh, kuman penyakit yang menyebar sampai ke jantung dapat memicu pengerasan katup jantung, yang biasa disebut dengan kondisi ‘bocor jantung’.
   
Periksakan kesehatan rongga mulut Anda ke dokter gigi, klinik, atau rumah sakit. Lakukan minimal 6 bulan sekali. Rongga mulut yang sehat dan bersih pun dapat membantu penampilan. Selain bebas dari bau mulut, gigi pun tampak bersih dan indah.

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024