Anti Virus

Norton AntiVirus 2009

Symantec, 16 Oktober lalu meresmikan kehadiran software keamanan terbarunya yakni Norton AntiVirus 2009 dan Norton Internet Security 2009 ke pasaran Indonesia. Adapun distributor yang ditunjuk untuk mengedarkan produk-produk tersebut adalah Aiken Tekno Indonesia, Sistech Kharisma, dan Techpac Indo Informatika.

Norton AntiVirus 2009 (NAV) ditujukan untuk pengguna yang membutuhkan perlindungan minimal terhadap serangan virus, malware, ataupun program jahat lainnya. Sedangkan Norton Internet Security 2009 (NIS), meski memiliki fungsi yang sama namun lebih ditujukan ke pengguna yang sering terhubung ke internet. Norton Internet Security memiliki fitur kontrol yang lebih mudah digunakan, serta perlindungan yang lebih baik ketika penggunanya menjelajah internet.

Hubungannya Diduga Retak karena Orang Ketiga, Begini Kata Syifa Hadju Soal Perselingkuhan

Sebagai perlindungan mendasar terhadap serangan, Norton AntiVirus memiliki fasilitas pendeteksi otomatis terhadap virus dan spyware yang akan menyerang sistem. Agar proteksi selalu mutakhir, Symantec menyediakan fitur Pulse update yang dapat melakukan update secara otomatis setiap 5 sampai 15 menit bila komputer terhubung ke internet. Selain itu, Symantec juga mengklaim bahwa antivirusnya kini lebih mudah digunakan dan bisa bekerja lebih cepat dibanding sebelumnya. 

Ada dua opsi proteksi unggulan yang dihadirkan di menu utama Norton AntiVirus 2009 yakni Computer dan Internet. Meski begitu, secara total ada empat opsi setting yang bisa diatur oleh pengguna. Selain Computer dan Internet, opsi lainnya adalah Home Network dan Miscellaneous. Fitur Norton Insight juga tersedia untuk memudahkan pemindaian terhadap file yang sudah pernah dipindai sebelumnya, agar pemindaian total bisa diselesaikan dengan lebih cepat.

Norton Antivirus 2009 Menu

Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum

Computer
Di dalam sub proteksi Computer, tersedia fitur perlindungan dasar yang dimiliki Norton AntiVirus 2009. Fitur itu adalah opsi perlindungan terhadap spyware (Anti Spyware), metode yang digunakan ketika software sedang memindai komputer, konfigurasi pemindaian, proteksi, dan update. Jika tidak ingin menggunakan setting default, pengguna bisa memodifikasi sendiri bagaimana ia ingin Norton AntiVirus 2009 melakukan pemindaian terhadap sistem. Atau bisa juga mengembalikan semua opsi ke setting standar yang disarankan Symantec.

Internet
Pada sub Internet setting, pengguna dapat mengatur aktivasi proteksi browser, e-mail, instant messenger, serta pencegahan dari gangguan. Pengguna dipersilakan untuk memilih akan mengaktifkan sistem proteksi tersebut atau tidak. Aplikasi instant messenger yang didukung oleh NAV 2009 adalah milik Yahoo, MSN, AOL, dan Trilian. Pada pencegahan terhadap gangguan, Symantec memberikan pilihan siapa saja yang tidak diblokir, blokir otomatis, dan pemberitahuan setiap kali ada percobaan penerobosan sistem.

Home Network
Menggunakan fitur Home Network, Anda bisa melihat komputer atau perangkat lain di jaringan yang terhubung ke komputer. Di sini Anda juga bisa melihat status keamanan komputer yang terhubung baik dengan kabel ataupun nirkabel (kalau menggunakan Norton AntiVirus 2009 dan menghidupkan fitur Remote Monitoring). Baik yang sedang online ataupun offline.

Miscellaneous
Norton AntiVirus 2009 SettingOpsi yang tersedia di sini adalah untuk kenyamanan penggunaan Norton AntiVirus. Misalnya Norton Community Watch yang akan seluruh alamat situs yang pernah Anda kunjungi ke Symantec jika di sistem Anda terdeteksi ancaman. Atau fitur lainnya adalah apakah Anda akan menerapkan password pada setting yang sudah Anda buat agar tidak bisa diganti oleh pihak yang tidak berwenang. Fitur lainnya yang bisa dipilih adalah seperti transparansi menu utama, tampilan penggunaan CPU, setting proxy jaringan, dan penggantian background atau skin menu utama Norton AntiVirus 2009. Berikut ini uji coba VIVAnews terhadap Norton AntiVirus 2009.

Uji Coba
Pada percobaan yang kami lakukan, instalasi Norton AntiVirus 2009 relatif cepat. Tidak sampai 2 menit sejak memasukkan CD program, instalasi sudah selesai dilakukan. Yang perlu Anda lakukan di tengah-tengah instalasi hanyalah memasukkan product key softwarenya saja. Sisanya, Symantec yang mengurus. Anda juga tidak perlu melakukan restart setelah instalasi software selesai.

Norton AntiVirus 2009 ReportsAgar dapat digunakan, NAV 2009 membutuhkan PC dengan prosesor kecepatan 300MHz ke atas. Memori utama sebesar 256MB dan ruang kosong pada harddisk sebesar 150MB juga merupakan persyaratan wajib. Tentunya, jika ingin diinstalasikan di sistem operasi yang didukung, yakni Windows XP SP2 ke atas ataupun Vista, spesifikasi PC harus disesuaikan.

Selesai instalasi, Anda yang terhubung ke Internet dapat langsung menjalankan fitur Live Update. Pertanggal 20 November 2008, database Norton AntiVirus 2009 sudah berusia 83 hari dan perlu diupdate dengan ukuran download sekitar 13MB. Dua hari kemudian, tanggal 23 November, ketika kami jalankan Live Update sudah ada update terbaru yang perlu diinstalasikan berukuran 1,42MB. Sayangnya tidak ada detail mengenai apa saja yang ditambahkan ke database.

Kami menguji coba Norton AntiVirus 2009 pada notebook Acer Aspire 4315 menggunakan sistem operasi Windows XP Professional dengan memori utama sebesar 2,5GB. Berikut hasil ujinya.

Bagi Mardani Ali Sera, PKS Harus Oposisi: Kita Beda dengan 02, Landasan Berpikir dan Asumsinya
 Tanpa AVNorton AntiVirus 2009
Kinerja  
Windows Startup13,192 detik15,790 detik
Windows Restart41,195 detik44,496 detik
Windows Shutdown24,315 detik31,245 detik
Konsumsi Sumber Daya  
Windows Idle CPU Usage 1-6%3-16%
Windows Scan CPU Usage-44-100%
Windows PF Usage85MB144MB
Windows Scan PF Usage-220MB

Secara keseluruhan, Norton AntiVirus 2009 ini merupakan software anti virus yang mudah dan ringan untuk digunakan. Fitur-fitur yang tersedia dan kecepatan update yang ada membuat Anda bisa berkomputer dengan lebih aman. Fitur pulse update kami lihat dapat memeriksa secara otomatis (berjalan di background) apakah ada update terbaru yang perlu didownload. Fitur ini sangat penting mengingat sebagian besar pengguna komputer, meskipun memiliki antivirus yang terinstalasi di komputernya sering lupa melakukan update terhadap antivirus mereka.

Dari sisi laporan hasil scan, NAV memberikan informasi yang lebih lengkap dibanding AVG 8 yang biasa kami gunakan bahkan Kaspersky Anti Virus 2009 yang pernah kami coba. Sayangnya, detail mengenai virus, malware, dan sebagainya serta jumlah yang berhasil terdeteksi tidak disebutkan di sini. 

Tertarik untuk menggunakan versi resmi dari Norton AntiVirus 2009? Produk ini tersedia seharga 39,99 dolar AS per lisensi. Silakan hubungi Aiken Tekno Indonesia di 021-66672760, Sistech Kharisma 021-3505668, atau Techpac Indo Informatika di 021-5311326 untuk informasi lebih lanjut. 

Kelebihan:
- Instalasi mudah dan cepat
- Fitur Pulse update dapat memeriksa secara otomatis ketersediaan update terbaru 

Kekurangan:
- Detail mengenai virus atau trojan yang terdeteksi tidak tersedia
- Harga lebih mahal dibanding produk sejenis

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya